Kartu Prakerja Gelombang 21 Dibuka, Berikut Cara Mudah Mendaftarnya

Aulia Firafiroh - Minggu, 19 September 2021
Kartu Prakerja gelombang 21 dibuka
Kartu Prakerja gelombang 21 dibuka tribunnews

Parapuan.co- Bagi yang belum dapat mengikuti seleksi Kartu Prakerja, tak perlu khawatir karena gelombang 21 kembali dibuka.

Dilansir dari kompas.com, Head of Communications PMI Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan bahwa kuota Kartu Prakerja gelombang 21 adalah sebanyak 754.929.

Kuota tersebut menurun dari gelombang sebelumnya yang sebanyak 800.000 peserta.

Setiap peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah senilai Rp 3,55 juta.

Jumlah tersebut sudah termasuk biaya Rp 1 juta untuk uang bantuan pelatihan, Rp 600.000 untuk insentif pasca-pelatihan yang diberikan per bulan selama empat bulan, dan Rp 50.000 untuk insentif survei selama tiga kali.

Baca juga: 5 Kategori Pelatihan Paling Diminati Peserta Kartu Prakerja, Apa Saja?

Saldo pelatihan yang diterima oleh para penerima manfaat kartu prakerja, tidak bisa diuangkan dan harus digunakan untuk membeli pelatihan di platform digital yang tersedia.

Rincian dana bantuan pelatihan yang diterima dapat diperiksa melalui dashboard akun pribadi yang telah terdaftar di situs prakerja.go.id sehingga penerima bisa memantaunya secara berkala.

Pelatihan pertama harus dilakukan dalam waktu 30 hari setelah mendapatkan pemberitahuan lolos seleksi Kartu Prakerja.

Jika melewati batas waktu yang telah ditentukan, maka kepesertaan akan dinonaktifkan dan saldo bantuan pelatihan akan hangus.

Berikut cara mudah mendaftar sebagai penerima manfaat Kartu Prakerja gelombang 21:

Sumber: kompas
Penulis:
Editor: Aulia Firafiroh