Banyak Dilakukan E-Commerce di Indonesia, Apa Itu Affiliate Marketing?

Aghnia Hilya Nizarisda - Rabu, 26 Januari 2022
Affiliate marketing ialah salah satu teknik pemasaran yang kini digunakan beberapa e-commerce di Indonesia.
Affiliate marketing ialah salah satu teknik pemasaran yang kini digunakan beberapa e-commerce di Indonesia. stanciuc

 

Parapuan.co - Teknik pemasaran perlu terus ditingkatkan oleh setiap perusahaan agar bisnisnya pun bisa berkembang dan bertumbuh juga.

Tidak terkecuali oleh e-commerce di Indonesia yang kini kehadirannya semakin membantu masyarakat tapi persaingannya pun makin ketat.

Salah satu teknik pemasaran yang belakangan digunakan beberapa e-commerce Indonesia ialah affiliate marketing atau pemasaran afiliasi, misalnya Shopee, Lazada, BliBli hingga Zalora.

Melansir Shopify, teknik ini ialah salah satu cara untuk mengembangkan bisnis dengan menawarkan nilai lebih kepada pelanggan.

Namun, sebenarnya apa itu affiliate marketing?

Affiliate marketing melibatkan perolehan komisi dengan mempromosikan produk atau layanan yang dibuat oleh pengecer atau pengiklan lain.

Ini adalah model monetisasi di mana mitra afiliasi, misalnya influencer, diberi imbalan pembayaran karena memberikan hasil tertentu kepada pengecer atau pengiklan.

Biasanya, hasilnya adalah penjualan.

Akan tetapi, beberapa program dapat memberi imbalan untuk prospek, pengguna uji coba gratis, klik ke situs web, atau mendapatkan unduhan untuk aplikasi.

Baca Juga: Cara Mudah Daftar Shopee Affiliates Program untuk Dapat Uang Tambahan