Grid.ID - Di era digital yang serba cepat, kemudahan mendapatkan akses pinjaman uang melalui aplikasi pinjaman online atau pinjol menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Sayangnya, di balik kemudahan tersebut, tersembunyi ancaman serius yang menghantui para peminjam yakni teror pesan dari debt collector.
Fenomena ini telah menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang, terutama mereka yang terjerat dalam pinjaman dengan bunga tinggi dan syarat yang tidak transparan. Teror ini biasanya datang dalam bentuk pesan-pesan intimidatif melalui WhatsApp, SMS, bahkan media sosial.
Para debt collector dari pinjol ilegal atau bahkan dari beberapa pinjol legal yang tidak mengikuti etika penagihan mengirimkan pesan berisi ancaman, hujatan, bahkan pelecehan. Tidak jarang, mereka juga menyebarkan informasi pribadi korban ke keluarga, teman, dan rekan kerja.
Foto-foto korban bisa diedit dan disebar dengan narasi memalukan untuk menekan psikologis agar segera melunasi pinjaman. Hal ini membuat korban bukan hanya mengalami tekanan finansial, tetapi juga penderitaan mental yang berat.
Di sisi lain, mereka belum punya uang untuk membayar utangnya. Namun, ada beberapa cara yang dapat membantu Anda menjawab pesan DC pinjol agar tak terus-menerus ditagih.
Dilansir Gridfame.ID, begini cara membalas pesan DC Pinjol agar tak ditagih terus:
1. Pahami Hak Konsumen
Kenali hak dan perlindungan konsumen terkait pinjaman online. Pastikan penagihan sesuai dengan aturan yang berlaku dan Anda tidak diperlakukan secara melanggar hukum.
2. Komunikasikan Kesulitan Keuangan
Jelaskan secara jujur mengenai kondisi keuangan Anda. Sampaikan kesulitan yang sedang dihadapi dan cari solusi bersama dengan pihak pinjol.
Baca Juga: Segini Denda Telat Bayar Shopee Paylater, Pengguna Wajib Tahu Cara Melunasinya
Source | : | Grid.ID,GridFame.ID |
Penulis | : | Widy Hastuti Chasanah |
Editor | : | Widy Hastuti Chasanah |