Find Us On Social Media :

Kopi Menpunyai Efek Positif Dalam Proses Berpikir

By Rich, Kamis, 2 Maret 2017 | 22:33 WIB

Kafein mempunyai efek positif pada proses berpikir

Grid.ID - Ladies tahukan bahwa minum kopi dapat meningkatkan konsentrasi. Risetnya, kafein mempunyai efek positif pada proses berpikir.

Manfaat lain dari mengonsumsi kopi adalah dapat meningkatkan ketahanan fisik. Ladies akan terasa lebih segar.

Tapi ladies perlu tahu, apabila minum kopi secara berlebihan dapat memicu tekanan darah tinggi serta sakit kepala bahkan dapat menggangu tidur Anda.

Jadi pastikan jangan minum kopi berlebihan atau 2-3 cangkir sehari dan jangan menambahkan gula pada kopi Anda. Jelas akan lebih menyehatkan Anda.

Berikut cara cerdas menikmati kopi seperti di lansir pada laman kompas.com

1. Jangan ngopi sebelum jam 10 pagi

Sebagai manusia kita sangat dipengaruhi oleh siklus hormonal 24 jam yang disebut jam sirkadian, yang termasuk mengontrol pengeluaran hormon kortisol. Hormon ini membuat kita lebih awas dan terjaga.

Kadar kortisol mencapai puncaknya tiga kali dalam sehari, yakni antara jam 8-9 pagi, jam 12-13, dan jam 17-18. Waktu terbaik minum kopi adalah saat hormon kortisol kita secara alami turun, yakni setelah jam 10 pagi.

2. Ketahui jumlah kafein yang di asup

Sekitar 400 mg kafein (setara dua cangkir kopi) sehari dianggap sebagai takaran paling aman bagi mayoritas orang dewasa. Lebih dari jumlah itu bisa memicu tremor, sakit perut, jantung berdebar, dan insomnia.

3. Agar efektif mengusir kantuk

Sering kesulitan menahan kantuk di siang hari? Cobalah minum secangkir kopi lalu tidur siang sebentar. Kafein butuh waktu 20-30 menit sebelum memberikan efek, jadi jika Anda tidur sekitar 20 menit maka setelah bangun Anda akan merasa lebih segar.