Find Us On Social Media :

Manfaat Berciuman Salah Satunya Mencegah Kerusakan Gigi

By Rich, Kamis, 2 Maret 2017 | 23:24 WIB

Berciuman baik untuk menjaga kesehatan!

Grid.ID - Ada yang perlu ladies ketahui tentang ciuman. Sejak zaman dahulu ciuman menjadi salah satu cara mengungkapkan cinta.

Tapi berciuman baik juga untuk kesehatan.

Berikut manfaat sehat dari aktivitas berciuman:

1. Mengurangi gejala alergi

Mata gatal dan hidung tersumbat di musim alergi ini? Sebelum membeli obat di apotik, Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2006 dalam Journal of Psychosomatic menyebutkan, berciuman bibir dengan pasangan selama 30 menit dapat mengurangi gejala alergi pada orang dengan eksim atopik dan alergi musiman skala ringan.

2. Meningkatkan daya tahan terhadap rasa sakit

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2015 dalam Pharmaceutical Design, menunjukkan bahwa oksitosin (hormon kasih sayang), yang dilepaskan ketika Anda mencium dan memeluk pasangan Anda, dapat mengurangi rasa sakit kronis.

Para peneliti mencatat bahwa oksitosin memiliki sifat analgesik (penghilang rasa sakit), serta kemampuan untuk mengurangi kecemasan dan depresi, yang sering dialami oleh penderita sakit kronis.

3. Menurunkan kadar stres

Berciuman dengan pasangan juga telah terbukti menurunkan tingkat hormon kortisol, atau hormon yang terkait dengan stres.

4. Menjaga mulut tetap bersih

Bukan berarti berciuman bisa menjadi pengganti kewajiban menyikat gigi, tapi menurut beberapa ahli, berciuman dapat membantu mencegah kerusakan gigi.