Find Us On Social Media :

Mitsubishi Siap Jual Mobil Baru Tantang Toyota Avanza, Toyota Pede Nggak Bakal Kalah, Ternyata Ini Alasannya

By Kama, Sabtu, 1 April 2017 | 16:16 WIB

Mitsubishi meluncurkan mobil baru yang akan menantang Toyota Avanza

Grid.ID - Pasar mobil penumpang di Indonesia terus memanas.

Salah satu yang terkena getah ketatnya adalah merek Toyota.

(BACA JUGA: Tunggu Launchingnya 7 atau 18 April 2017, Ada Banyak Perubahan di Toyota Agya Terbaru )

Memang Toyota masih jadi yang terlaris dalam hal penjualan, tapi merek lain terus membuntuti dan siap menyikat kue milik Toyota tersebut.

Gempuran mereka-mereka rival terhadap Toyota yang dimulai pada 2017 ini, bakal menguji seberapa kuat merek ini di Indonesia.

Salah satu yang menarik disaksikan adalah kedatangan MPV baru Mitsubishi yang akan menantang Avanza, selain dari MPV Wuling yang juga akan mengisi ceruk yang sama.

Sebelum ini terjadi, Toyota sebagai pimpinan pasar menggulirkan perang psikologi atau Psychological Warfare (psywar) pada calon kompetitor.

(BACA JUGA: Mitsubishi Siap Luncurkan SUV yang Lebih Mahal dari Pajero Sport Dakar!)

Dari obrolan pihak Mitsubishi dengan redaksi KompasOtomotif yang dilansir oleh Grid.ID, Kamis (23/3/2017) lalu, mereka menargetkan New Small MPV Mitsubishi yang dibangun berbasis XM Concept, optimistis bisa mengambil pangsa pasar di segmen mobil multiguna bawah sampai 20 persen.

Mendengar itu, Fransiscus Soerjopranoto, Executive GM Marketing Toyota Astra Motor (TAM) memprediksi kalau target 20 persen yang ditetapkan Mitsubishi tidak akan tercapai.

Ini seolah memandang sebelah mata kemampuan Small MPV Mitsubishi untuk merebut takhta Avanza.

“Tidak sampai di 20 persen (pencapaian MPV Mitsubishi). Saat ini penguasaan pasar Avanza di angka 44 persen,” tegas Soerjo.

“Kemudian, jika dibantu Sienta yang saat ini sebesar 9 persen, totalnya ada di angka 52-53 persenan,” ucap Soerjo.

(BACA JUGA: 10 Fakta Yang Mungkin Kamu Lewatkan dari Toyota Calya, Nomer 9 Jangan Sampai Gagal Paham)

Terkait kehadiran MPV Mitsubishi, Soerjo mengakui kalau segmen MPV ternyata masih menarik.

Namun memang dirinya tidak menolak jika Avanza disebut berada di ujung tanduk, ketika penantang dari merek berlambang tiga berlian itu hadir.

“Tidak apa-apa. Seperti saya katakan, market ada 100 persen, kami tidak bisa ambil semua, kami juga tidak mau bagaimana-bagaimana,” ujar Soerjo, saat diberondong pertanyaan mengenai nasib Avanza, Rabu (29/3/2017).

Wih, makin seru nih, semoga dengan begitu harga mobil baru bisa turun ya. (*)