Find Us On Social Media :

Mengenal Lima Gangguan Tidur, No 5 Horor

By Rich, Rabu, 5 April 2017 | 15:39 WIB

5 Ganguan Tidur

Grid.ID  - Tidur merupakan keadaan istirahat alami yang dibutuhkan oleh mahluk hidup. Idealnya kita tidur minimal 7 jam dalam sehari.

Tidur sangat dibutuhkan untuk mengembalikan energi yang hilang selama kita beraktivitas seharian. Maka kualitas tidur harus diperhatikan agar kesehatan terjaga.

Seperti dikutip Grid.ID dari nova.id, sayangnya terkadang kita mengalami gangguan tidur. Misalnya, insomnia, mimpi buruk, kelumpuhan tidur, mengerat gigi, berbicara saat tidur atau mengigau, berjalan saat tidur, bahkan makan makanan mentah saat tidur.

(Baca Juga: Wanita Muda Cantik Ini Dapat Gaji Besar dengan Hanya Tidur di Hotel, Kira-kira Kerja Apa ya?)

Macam-macam gangguan tidur tersebut dikelompokkan ke dalam istilah parasomnia atau perilaku abnormal yang terjadi saat tidur.

Berikut ulasannya menurut situs sleepwelmd.com:

1. Berjalan Sambil Tidur (Sleepwalking) Berjalan saat tidur dikenal juga dengan istilah somnambulism. Berjalan saat tidur biasanya terjadi saat awal tidur.

Mereka yang mengalami berjalan saat tidur, rata-rata tidak mengingat perilakunya sendiri. Tentu hal ini berbahaya karena bisa saja mereka terjatuh saat berjalan.

Gangguan ini bisa terjadi pada anak-anak hingga dewasa, tetapi angka tertinggi terjadi pada anak-anak.

2. Berbicara Saat Tidur Orang awam menyebutnya mengigau. Berbicara saat tidur ternyata termasuk ke dalam gangguan saat tidur.

Mereka bisa bergumam, berbicara, atau berteriak berulang kali dalam semalam.

Gangguan ini dapat terjadi karena faktor stres, sulit tidur, dan kurang istirahat.