Find Us On Social Media :

Tak Tega Penderitaan Nelayan Wakatobi, Menteri Susi Membawanya ke Jakarta, Ini Alasannya

By Alfa Pratama, Kamis, 6 April 2017 | 00:45 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membawa Dudung (24), nelayan Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, penderita tumor tulang ganas ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Susi Air.

Grid.ID - Pada hari Senin, (3/4/2017) lalu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melakukan kunjungan kerja ke kampung masyarakat Suku Bajo, Mola Raya, Kecamatan Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Kunjungan yang dilakukan oleh Menteri Susi bertujuan membawa misi kesehatan dan kebersihan bagi warga Suku Bajo. 

Pada kunjungan kerjanya kali ini, Menteri Susi mendatangi rumah beberapa warga yang menderita sakit cukup parah, di antaranya adalah rumah pasangan  Tuti (50) dan Mula (40). 

Di rumah pasangan ini, Menteri Susi melihat kondisi anak mereka, Dudung (24) yang sedang sakit tumor tulang sejak Juli 2015 lalu yang membuat lutut kanannya membengkak dan tidak bisa berjalan.

Prihatin melihat kondisi itu, Menteri Susi Pudjiastuti langsung mengajak Dudung ke Jakarta untuk mendapatkan pengobatan di RSAP Gatot Subroto.

Awalnya Dudung tidak mau tetapi setelah dibujuk oleh ibunya, Dudung akhirnya mau dibawa ke Jakarta bersama Menteri Susi beserta rombongan dengan menggunakan penerbangan Susi Air dari bandara Matahora, Wangi-wangi, Wakatobi pada Selasa (4/4/2017).

Menurut ibu Dudung, Mula, yang dikutip Grid.ID dari Kompas.com, mereka sudah menggadaikan rumah dan menjual bodi (badan perahu kecil) hanya untuk biaya perawatan medis Dudung.

Dudung adalah tulang punggung keluarga.

Menurut Tuti, setelah menderita tumor tulang ganas, ia tidak bisa melaut lagi untuk mencari nafkah.

Selama ini, keluarganya tak punya banyak uang untuk biaya pengobatan Dudung.

Untuk biaya makan sehari-hari saja mereka kesulitan meski keluarga itu bekerja mengumpulkan pasir untuk dijual.

Mereka juga kerap menawarkan diri untuk bersih-bersih di rumah tetangga untuk mendapatkan penghasilan.