Find Us On Social Media :

Jangan Lewatkan Balapan F1 di Sepang Tahun 2017, Ini Sebabnya Jika Kamu Tak Mau Rugi

By Alfa Pratama, Sabtu, 8 April 2017 | 15:02 WIB

Sirkuit Sepang, Malaysia, diapakai sebagai tempat balapan F1 sejak tahun 1999

Grid.ID - Salah satu daya tarik Malaysia adalah Sirkuit Sepang, sirkuit yang menggelar balapan Formula 1 (F1).\

Namun buat kamu yang suka F1, tahun ini bakalan menjadi tahun terakhir melihat F1 di sirkuit Sepang, Malaysia.

Tahun lalu, Menteri Pariwisata dan Budaya Datuk Seri Nazri Aziz mengatakan, pemerintah tidak akan memperbaharui perjanjian setelah berakhir di 2018.

Ternyata, dikutip dari Formula1.com, agenda Formula 1 (F1) di sirkuit Sepang tahun 2017 ini menjadi tahun terakhir F1 diselenggarakan.

Setelah 17 tahun berturut-turut sejak tahun 1999 mengelenggarakan Formula 1, Grand Prix Malaysia 2017 menjadi even terakhir. 

Dilansir dari Motorsport, Jumat (7/4/2017), yang menjadi alasan akhirnya Malaysia hengkang sebagai negara penyelenggara F1 akibat didera kerugian.

Tingginya biaya yang harus dikucurkan tidak sebanding dengan pemasukkan dari penjualan tiket.

Saat akhir tahun 2016 lalu, masa depan Sirkuit Sepang memang sudah sempat diragukan.

Pihak penyelenggara menandatangani kontrak selama tiga tahun (2015- 2018), namun dengan adanya informasi ini, otomatis tidak ada lagi F1 di Malaysia pada 2018 mendatang.

Sean Bratches, Direktur Komersial F1, menjelaskan bahwa keputusan keluarnya Malaysia dari anggota keluarga F1 cukup menyedihkan.

"Setelah hampir dua dekade, fans F1 dari Malaysia telah membuktikan diri mereka sebagai salah satu kelompok fans yang paling bersemangat di dunia. Saya ucapkan banyak terima kasih atas keramahan dan profesionalisme selama bertahun-tahun," ucap Sean.

Menteri Pariwisata dan Budaya Datuk Seri Nazri Aziz menambahkan, negara tidak mendapatkan hasil seimbang dari dana yang dihabiskan pada setiap penyelenggaraan.