Find Us On Social Media :

Toyota Sienta dan Cinta Indonesia

By Dianita Anggraeni, Rabu, 21 November 2018 | 17:21 WIB

Toyota Sienta memiliki banyak fitur andalan, salah satunya adalah power sliding door alias pintu ges

Grid.ID - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi “melahirkan” The All New Sienta dari Karawang Plant II Karawang 2, pada 2016. Menjadi prestasi tersendiri, karena Indonesia dipilih menjadi negara pertama untuk memproduksi model global ini, setelah Jepang.

Perjalanan Sienta dimulai sejak 2011, ketika Toyota Indonesia berniat menyuguhkan kendaraan untuk keluarga muda modern di masa depan. Sienta lantas diproduksi di Karawang Plant II milik TMMIN, bersanding dengan model lain, seperti Vios, Limo, dan Yaris.

Berstatus model global, produksi Sienta dan model lain juga tidak main-main di Karawang Plant II. Fasilitas perakitan mumpuni dipersiapkan termasuk teknologi manufaktur terkini, antara lain servo line di bagian pengepresan dan piano welding di bagian pengelasan.

Dua teknologi baru yang disiapkan demi mendukung peningkatan presisi, keamanan, dan efisiensi dalam proses produksi demi menciptakan produk berkualitas global.

Proyek raksasa ini (Karawang Plant 2), juga berhasil menyerap investasi tambahan hingga 772 juta dolar Amerika Serikat atau Rp 9,7 triliun.

TMMIN berkomitmen, dengan semakin banyaknya model yang diproduksi secara lokal, maka akan memberikan sumbangsih nyata terhadap perkembangan industri otomotif.

Selain itu memberikan kontribusi penuh di bidang ekonomi Indonesia melalui alih teknologi produksi (production know-how), pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), serta keterlibatan pemasok lokal.

SDM Berkualitas

Lewat  konsep pengembangan SDM berkualitas, TMMIN juga syarat dengan putra-putri bangsa yang terlibat dalam proses produksi Sienta di Indonesia. Sebut saja Warisno, salah satu dari ratusan tenaga kerja Toyota yang turut andil dalam setiap proses produksi di pabrik Karawang 2.

Warisno merupakan salah satu team leader di Departemen Welding Production, Vehicle Production, Karawang Plant II. Pengalamanya cukup mumpuni, andal, karena sudah melalui masa kerja hingga 13 tahun.

Dari tangan Warisno, lahir satu alat yang diberi nama spot piano yang menjadi temuan orisinil karyawan lokal. Tugas alat ini adalah menyatukan antara outer dan inner bagian atap Sienta. Lewat mekanisme spot piano, operator welding tidak perlu lagi berkeliling mengitari atap.