Find Us On Social Media :

Mengenal Buoy Tsunami, Alat Pendeteksi Tsunami Indonesia yang Disebut Humas BNPB Tak Lagi Beroperasi Sejak Tahun 2012

By Agil Hari Santoso, Selasa, 25 Desember 2018 | 14:25 WIB

Mengenal Buoy Tsunami, Alat Pendeteksi Tsunami Indonesia yang Disebut Humas BNPB Tak Beroperasi Sejak 2012

Laporan Wartawan Grid.ID, Agil Hari Santoso

Grid.ID - Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, sempat mengeluarkan pernyataan bahwa alat pendeteksi tsunami Indonesia, yang disebut buoy tsunami, sudah tak lagi beroperasi sejak tahun 2012.

Pernyataan Humas BNPB tentang kondisi alat pendeteksi tsunami Indonesia, buoy tsunami, disampaikan Sutopo lewat akun Twitter @sutopo_PN, pada Minggu (23/12/2018).

"Jaringan buoy tsunami di perairan Indonesia sudah tak beroperasi sejak 2012," jelas Humas BNPB, menjelaskan kondisi terkini alat pendeteksi tsunami Indonesia.

Baca Juga : Perjalanan Karier Dylan Sahara, Istri Ifan Seventeen yang Jadi Korban Tsunami Banten, Mantan Presenter Gosip yang Banting Setir ke Dunia Politik

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, jaringan buoy tsunami di Indonesia telah tak beroperasi karena ada vandalisme, terbatasnya anggaran negara, hingga kerusakan teknis.

Setelah kembali terjadi tsunami Indonesia, tepatnya tsunami Banten pada Sabtu (22/12/2018), Sutopo memilki harapan agar Indonesia dapat memperbaiki jaringan buoy ini.

"Perlu dibangun kembali untuk memperkuat Indonesia Tsunami Early Warning System (peringatan dini tsunami Indonesia)," tulis Sutopo di unggahannya itu.

Lantas, apa itu buoy tsunami?

Baca Juga : Pesan Memilukan Istri Bani Seventeen untuk Suami yang Jadi Korban Tsunami Banten, Cindri: Terima Kasih Telah Jadikan Aku Istrimu