Find Us On Social Media :

Menurut Sains, Ini Adalah Posisi Duduk yang Paling Aman Saat Naik Kendaraan Umum

By Kama, Selasa, 2 Mei 2017 | 06:15 WIB

avanza korban kecelakaan

Laporan Wartawan Grid.ID, Kama Adritya

Grid.ID – Kisah kecelakaan yang melibatkan kendaraan umum memang sangat tragis.

Baik itu kecelakaan mobil, bis, maupun pesawat.

Terlebih lagi ketika kita hanya menjadi penumpang yang hanya bisa memasrahkan nyawa kita kepada sang supir/pengendara/kapten/pilot yang membawa kendaraan yang kita naiki.

Meski umur dan ajal itu berada di tangan Tuhan, berkat makin majunya teknologi dan penelitian, posisi di mana kita duduk juga bisa menentukan tingkat keselamatan hidup kita saat naik kendaraan umum.

(BACA JUGA: Kisah di Balik Hari Buruh 1 Mei, dari Memuja Dewa Bunga, Hari Katolik, Penyebaran Komunis, Sampai Kerusuhan)

Seperti yang dilansir Grid.ID dari berbagai macam sumber seperti Transportation Safety Board Kanada, Amerika, Australia, dan Jepang, berikut ini adalah posisi duduk yang paling aman berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan sains.

1. Mobil

Dengan catatan jika semua mengenakan sabuk pengaman, maka posisi duduk yang paling aman itu adalah di belakang supir dan kursi yang persis di tengah.

Menurut sains, posisi di belakang supir itu aman karena umumnya kendaraan mobil memiliki proteksi paling banyak di bagian supir.

Dan umumnya supir akan memiliki gerakan refleks untuk menghindari benturan, sehingga otomatis orang yang di belakang supir juga akan terhindar dari benturan langsung.

Sedangkan jika posisi di kursi tengah, karena di bagian depan tidak ada benda yang menghalangi, maka saat hentakan terjadi, tubuh kita tidak akan membentur bagian depan.