Find Us On Social Media :

Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2017, Ini Pesan Penting Jokowi

By Alfa Pratama, Selasa, 2 Mei 2017 | 21:21 WIB

Presiden Joko Widodo memperingati Hari Pendidikan Nasional di Istana Negara, Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Grid.ID - Presiden Joko Widodo memperingati Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2017 bersama sejumlah pegiat gemar membaca se-Indonesia di Istana Negara, Selasa (2/5/2017).

Hadir lebih dari 35 orang yang membuka taman bacaan di pelosok Indonesia. Ada yang berasal dari Jakarta, Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur hingga Papua. 

Dalam kata sambutan, Presiden Jokowi  mengaku gembira bisa bertemu para pegiat gemar membaca itu.

"Saya kira, ini sebuah kegiatan yang memang di tempat manapun yang di desa di kampung-kampung ini sangat diperlukan sekali oleh anak-anak kita," ujar Jokowi yang dikutip Grid.ID dari Kompas.com.

Jokowi sudah mendengar kisah perjuangan beberapa orang yang hadir. Kisah bagaimana mereka berjuang di segala medan agar anak-anak di pelosok negeri, tersentuh buku bacaan.

(BACA JUGA Hari Pendidikan Nasional, Ini Pesan dari Cinta Laura, Anies Baswedan, Arzeti Bilbina)

Setelah berdialog dengan puluhan pegiat literasi atau minat membaca, Presiden Joko Widodo memberikan pesan di Hari Pendidikan Nasional. 

Pertama, Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi untuk mengirimkan minimal 10 ribu buku ke daerah yang memerlukan.

"Oleh sebab itu tadi saya sudah memerintahkan kepada Mendikbud agar di setiap titik-titik itu dikirim paling tidak minimal 10 ribu buku," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (2/5/2017) yang dikutip Grid.ID dari Tribunnews.

Jokowi mengungkapkan dari hasil dialognya bersama para pegiat minat membaca, ia mendapatkan informasi bahwa masih ada yang kekurangan buku.

(BACA JUGA 12 Fakta tentang Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Kita)

"Karena ada punya 100 tapi ada juga yang punya 7 ribu. Ada punya 200, tapi ada juga yang punya 5 ribu," kata Jokowi.