Find Us On Social Media :

BMKG: Waspada Angin Kencang dan Hujan Lebat di Daerah ini Tanggal 1-6 Januari 2019!

By None, Selasa, 1 Januari 2019 | 19:21 WIB

BMKG

Grid.ID- BMKG kembali mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat di beberapa daerah untuk mewaspadai angin kencang dan hujan lebat, serta cuaca buruk yang berpotensi bencana alam.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masih meminta masyarakat di sejumlah daerah di Indonesia untuk mewaspadai potensi cuaca buruk.

BMKG memantau adanya peningkatan tekanan udara di dataran Asia dan juga bibit siklon di sebelah utara Indonesia yakni 97W tepatnya di Laut China Selatan.

Baca Juga : Catat! 4 Barang yang Ada di Kamar Tidur ini Bisa Sebabkan Kanker

BMKG juga mengidentifikasi adanya bibit siklon tropis 95P di Teluk Carpentaria Australia (sebelah selatan Papua) dan 96S di samudera Hindia (sebelah selatan Jawa), seperti yang dikutip TribunStyle.com dari situs resmi BMKG.

Dari ketiga bibit siklon yang terpantau, bisa menyebabkan pergerakan massa udara dari Asia yang bergerak menuju Indonesia mengalami penguatan, sehingga berdampak pula pada potensi peningkatan kecepatan angin, ketinggian gelombang laut, dan potensi hujan lebat di beberapa wilayah di Indonesia.

Kondisi cuaca buruk tersebut bisa mengakibatkan sejumlah dampak buruk lain, terutama potensi bencana alam seperti longsor, banjir, dan angin yang merusak.

Baca Juga : 5 Penemuan Bersejarah di Dunia ini Ternyata Hanya Hoax, Jangan Sampai Tertipu!

Berlaku dari tanggal 01 hingga 06 Januari 2019, berikut sejumlah wilayah di Indonesia dengan potensi cuaca buruk:

  1. Wilayah diperkirakan terdampak angin kencang

Wilayah dengan potensi terjadinya angin kencang menyebar dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

Berikut daftar lengkapnya:

    Riau