Find Us On Social Media :

Gara-gara Tulisan Inilah, Akun Facebook Afi Nihaya Dibekukan

By Alfa Pratama, Sabtu, 20 Mei 2017 | 00:22 WIB

Afi Nihaya bersama Bupati Banyuwangi Azwar Anas

Grid.ID - Akun jejaring sosial Facebook milik Afi Nihaya Faradisa, siswi SMA di Banyuwangi, Jawa Timur, sempat dibekukan.

Pembekuan oleh Facebook tersebut dilakukan setelah Afi mengunggah tulisan berjudul 'WARISAN' yang sempat viral dan menjadi bahan perbincangan warganet.

Menurut Afi, pembekuan selama 24 jam tersebut dilakukan Facebook lantaran banyaknya orang yang melaporkan tulisan inspiratif.

Akun tersebut tak bisa dibuka setelah ia menulis status terkait keberagaman yang berjudul warisan. 

Dalam statusnya, putri pasangan Wahyudi dan Sumarti menulis, jika kewarganegaraan, nama, dan agama adalah warisan.

(BACA JUGA Afi Nihaya, Siswi SMA Banyuwangi yang Bikin Heboh Bicara Keberagaman, Ditawari Beasiswa oleh Bupati Azwar Anas )

Menurut gadis Banyuwangi kelahiran 1998, tulisan itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan Pilkada Jakarta yang sudah lewat dan hanya sebagai perenungannya.

Afi mempertanyakan sikap orang-orang yang merasa dirugikan dengan tulisannya hingga mereka melaporkan akun Facebook-nya secara bersamaan.

Pelaporan tersebut berimbas pada dilumpuhkannya akun milik Afi selama hampir 24 jam.

Ia mengaku sudah mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu akun Facebooknya tidak bisa dibuka karena tidak semua orang bisa menerima pemikirannya.

Dikutip Grid.ID dari Kompas.com, Afi bercerita, ia sempat diminta data asli dan foto oleh pihak Facebook saat akunnya tidak bisa dibuka. 

Padahal akun yang dimilikinya bukan akun palsu.