Find Us On Social Media :

Benarkah Rutin Pakai Tabir Surya Bikin Kulit Wajah Jadi Ketergantungan dan Tidak Sehat?

By Ridho Nugroho, Senin, 5 Juni 2017 | 17:51 WIB

Apa kira-kira efek memakai tabir surya setiap harinya bagi kulit?

Grid.ID – Tabir surya masuk dalam daftar teratas produk perawatan kecantikan kulit wajah yang wajib dimiliki oleh para wanita.

Bahkan, anjuran mengaplikasikan tabir surya setiap harinya selalu dikemukakan para pakar kecantikan kulit seperti dermatolog dan para beauty blogger.

Sebab, tabir surya diklaim menjadi salah satu langkah pencegahan penuaan dini dan keluhan masalah kulit wajah lainnya akibat polusi, sinar matahari dan radikal bebas.

(BACA JUGA: Hati-hati, Ini 5 Efek Samping Tabir Surya yang Berbahaya Bagi Kesehatan)

Tabir surya dan pelembap disarankan diaplikasikan setiap dua jam sekali dan 20 menit sebelum kamu melakukan aktivitas di luar ruangan.

Namun, apakah menggunakan tabir surya memiliki efek samping pada kulit?

Ini jawaban Dr. IK Ramchandani, Direktur Dermatologi di Rumah sakit Jaslok soal adanya kemungkinan efek samping dari pemakaian tabir surya, seperti yang dikutip Grid.ID dari The Healthsite.

“Tabir surya pada umumnya tidak memiliki efek samping yang merugikan, perlu untuk mengoleskan tabir surya sebelum pergi dibawah sinar matahari,” ujarnya.

(BACA JUGA: Waduh, Kulit Masih Terbakar Meski Pakai Tabir Surya, Ini Dia Sebabnya)

Ia pun menambahkan bila fungsi utama dari tabir surya adalah melindungi kulit dari efek berbahaya sinar UVA dan UVB, namu jika seseorang cenderung timbul banyak jerawat ketika menggunakan tabir surya, sebaiknya untuk memilih kandungan tabir surya.

"Jika kamu tidak memiliki jenis kulit yang alergi terhadap produk kosmetik, kamu dapat mengoleskan tabir surya dengan SPF 30. Penelitian telah menunjukkan bahwa tabir surya SPF cocok untuk semua jenis kulit," jelas Dr. Ramchandani.

(BACA JUGA: Buat Kamu yang Mau Berangkat Kerja dan Beraktivitas, Jangan Lupa Pakai Pelembap Sebelum Pakai BB Krim ya!)