Find Us On Social Media :

Pentingnya Menggunakan VPN di Tengah Serangan Malware dan Virus

By Uda Deddy, Selasa, 4 Juli 2017 | 19:56 WIB

.

Dunia sedang dihebohkan oleh teror ransomware WannaCry yang merupakan salah satu jenis malware yang paling jahat.

Meski ransomware WannaCry ini hanya menyerang komputer, namun jangan pikir smartphone kamu tidak bisa terkena serangan malware juga.

Bahaya yang mengintai smartphone kamu

Saat kamu terhubung dalam jaringan, maka itu ibaratnya sama dengan membuka pintu masuk menuju smartphone milikmu.

Contohnya saat sedang nongkrong di kafe atau mall, di mana tempat itu menyediakan jaringan koneksi Wi-Fi gratis. Saat kamu terhubung ke Wi-Fi tersebut, maka pintu masuk ke smartphone kamu menjadi terbuka untuk bisa dimasuki oleh oknum-oknum jahat.

Dari Wi-Fi gratisan itu saja, orang bisa mengakses data-data kamu sampai ke kontak dan isi chat percakapanmu. Begitu juga dengan memasukkan malware yang bisa berakibat fatal.

Untuk mencegah hal itu, maka kamu perlu Jaringan Internet Pribadi atau Virtual Private Network (VPN).

Apa itu VPN?

VPN ini akan menjadi pintu kedua dengan kunci gembok yang akan menghalangi akses tak dikenal dengan cara memberikan enkripsi ke dalam jaringan yang terhubung ke smartphone kamu.

Dengan demikian, oknum-oknum tersebut tidak akan bisa menembus enkripsi pertahanan VPN kamu sehingga smartphone kamu aman dari penyusup.

Selain keamanan, VPN juga memiliki beberapa keuntungan.

Apakah kamu pernah ingin mengunduh aplikasi di Playstore ataupun App Store, namun tidak bisa karena aplikasi itu tidak tersedia di region tempat dirimu berada?