Find Us On Social Media :

CEO Ganteng Telegram Minta Maaf ke Pemerintah Indonesia, Warganet Malah Gagal Fokus

By Kama, Senin, 17 Juli 2017 | 01:48 WIB

Pavel Durov CEO Telegram

Laporan Wartawan Grid.ID, Kama Adritya

Grid.ID – Kontroversi pemblokiran layanan aplikasi chatting Telegram oleh pemerintah Indonesia semakin ramai diperbincangkan oleh orang-orang di Internet.

Setelah sebelumnya Pavel Durov yang merupakan CEO dari Telegram mengaku tidak menerima permintaan dari pemerintah Indonesia yang dalam hal ini adalah Menteri Komunikasi dan Informatikan (Menkominfo), ternyata kini Pavel malah meminta maaf.

Pavel Durov asal Rusia ini meminta maaf karena ternyata pesan dari Menkominfo tidak digubris olehnya karena tercampur dengan pesan-pesan ‘umum’ lainnya.

(BACA: Daftar Rilis 21 Film Disney dari 2017 Sampai 2019, Siapkan Uang Buat Tiket Bioskop!)

Untuk itu Pavel mengeluarkan pernyataan resmi yang isinya adalah meminta maaf kepada pemerintah Indonesia sekaligus memberikan solusi agar aplikasi buatannya itu tidak diblokir.

Pavel Durov melalui channel resmi Telegram-nya pada hari ini menjabarkan tiga poin solusi agar pemerintah membatalkan pemblokiran layanan chatting tersebut. Berikut ketiga poinnya:

Pertama, memblokir semua channel publik yang berhubungan dengan terorisme, sesuai laporan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Kedua, Pavel telah menghubungi Kemenkominfo via e-mail untuk menjalin komunikasi personal sehingga ke depannya lebih efisien berhubungan terkait pemberantasan konten terorisme.

Ketiga, Telegram sedang membentuk tim moderator khusus yang paham bahasa dan budaya Indonesia. Dengan begitu, laporan-laporan tentang konten berbau terorisme bisa diproses dengan lebih cepat dan akurat.

(BACA: 9 Film yang Musti Ditonton di Bulan Juli, Salah Satunya Sudah Tayang di Bioskop)

Melihat perkembangan terakhir ini, reaksi dari warganet malah gagal fokus.