Find Us On Social Media :

Wow! Sinyal Misterius Datang dari Bintang Tetangga yang Jaraknya 11 Tahun Cahaya!

By Kama, Rabu, 19 Juli 2017 | 23:01 WIB

Ross 128, bintang katai merah yang memancarkan sinyal misterius

Laporan Wartawan Grid.ID, Kama Adritya

Grid.ID – Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah ‘Apakah kita sendiri di alam semesta ini?”.

Pertanyaan ini yang memacu semangat para ilmuwan untuk mencari jawabannya ke luar angkasa dan mencari peradaban selain manusia.

Pencarian mereka pun menuai hasil, karena mereka berhasil mendeteksi adanya sinyal misterius yang berasal dari bintang tetangga tata surya kita.

(BACA: CEO Ganteng Telegram Minta Maaf ke Pemerintah Indonesia, Warganet Malah Gagal Fokus)

Sinyal misterius yang bisa jadi menandakan sinyal yang berasal dari makhluk pintar ini berasal dari sistem tata surya dengan bintang katai merah (red dwarf) di pusatnya.

Sinyal yang berupa sinyal radio ini berasal dari Ross 128 yang memiliki terang cahaya 2.800 kali lebih redup dari matahari kita. Ross 128 hanya berjarak 11 tahun cahaya dari Bumi.

Abel Mendez seorang astrobiologis dari Universitas Puerto Rico di Arecibo melakukan observasi pada sistem tersebut selama 10 menit di mana dirinya mendapati sinyal tersebut.

Meski dirinya mengatakan bahwa kemungkinannya sangat kecil kalau sinyal tersebut berasal dari makhluk luar angkasa, namun kemungkinannya tetap ada.

(BACA: Daftar Rilis 21 Film Disney dari 2017 Sampai 2019, Siapkan Uang Buat Tiket Bioskop!)

Arecibo memiliki observatori dengan radio teleskop raksasa yang memang ditugaskan untuk mencari sinyal radio dari luar angkasa, termasuk di dalamnya adalah untuk mencari peradaban alien.

Mendez mengatakan bahwa kemungkinan besar sinyal yang dideteksi itu sebenarnya berasal dari obyek lain yang kebetulan berada di arah Ross 128.