Find Us On Social Media :

Trik Ini yang Membuat Film Dunkirk Begitu Menegangkan, Jeniusnya Christopher Nolan

By Kama, Minggu, 30 Juli 2017 | 03:25 WIB

Trik ini yang membuat film Dunkirk begitu menegangkan

Laporan Wartawan Grid.ID, Kama Adritya

Grid.ID – Christopher Nolan adalah salah satu orang yang langka di Hollywood, dirinya adalah seorang sutradara sekaligus penulis sekaligus produser.

Film yang ia hasilkan semuanya tergolong sukses, di mana rating di Rotten Tomatoes selalu berada di atas angka 70%.

Begitu juga dengan film Dunkirk, di mana Nolan berhasil membawa kengerian perang ke dalam layar lebar tanpa harus menampilkan darah dan kesadisan.

Film ini dari awal sampai akhir penuh dengan adegan yang menegangkan.

Tapi tahukah kamu bahwa ternyata ada trik dalam pembuatan film yang membuat film ini terasa jauh lebih menegangkan daripada yang dipertontonkan?

" >

Nama trik tersebut adalah Shepard Tone.

Tak dapat dipungkiri, salah satu hal yang membuat film-film karya Nolan begitu berkesan dan menegangkan adalah berkat efek suara dan musiknya.

Nolan adalah seorang ahli dalam menerapkan ilusi pada film-filmnya seperti The Prestige, Inception, maupun Interstellar. Bukan hanya ilusi visual, melainkan juga ilusi suara.

Kolaborasi antara Nolan dan Hans Zimmer dalam membuat musik pada film Dunkirk berhasil menghadirkan film yang menggambarkan kengerian perang.

Nolan menerapkan efek suara yang dinamakan Shepard Tone untuk memberikan ilusi intensitas ketegangan yang terdengar seperti selalu meningkat tanpa henti.

" >

Padahal sebenarnya suara dan musik yang kita dengar tidak terus meninggi, karena kalau nadanya meninggi terus maka kita tidak akan dapat mendengar nada itu lagi.