Find Us On Social Media :

Awas! Bahaya Handphone Kamu Bisa Dibajak Waktu Ganti Layar Saat Rusak

By Kama, Kamis, 24 Agustus 2017 | 00:22 WIB

Layar handphone bisa dibajak kalau sembarangan diservis

Grid.ID - Layar handphone rusak saat terjatuh memang nampak mengerikan, namun ternyata hal yang lebih mengerikan bisa terjadi bila kamu mengganti layar handphone dengan produk tidak resmi.

Dalam sebuah pemaparan di sebuah lokakarya di Vancouver, empat peneliti dari Universitas Ben-Gurion, Negev, Israel menjelaskan bagaimana sebuah modus pembajakan terbaru.

Ketika layar rusak dan diganti dengan komponen produk tidak resmi yang meragukan, maka bukan tidak mungkin pembajakan telepon akan dapat dilakukan.

" >

(BACA: Bikin Haru, Inilah Kisah 17 Agustusan Al dan Prilly, Bareng Mantan Pejuang Kemerdekaan)

Untuk menunjukkan potensi bahaya dari layar handphone, tim peneliti menyematkan chip khusus dalam layar produk tidak resmi di handphone Nexus 6P dan LG G Pad 7.0.

Dengan dipasangkannya chip khusus tersebut di layar handphone, tim peneliti membuktikan begitu rentannya handphone untuk dibajak.

Tim peneliti menjelaskan bila dengan chip khusus tersebut dua serangan pembajakan dapat dilakukan.

Pertama dengan menggunakan metode injeksi sentuh yang memungkinkan touchscreen untuk meniru identitas pengguna.

Kemudian yang kedua menggunakan metode serangan buffer overflow, serangan tersebut memungkinkan pembajak mengeksekusi operasi istimewa.

" >

(BACA: Nah loh Terobsesi Konsumsi Makanan Sehat Ternyata Bahaya, Gimana tuh?)

Dengan serangan pembajakan tersebut pembajak dapat meniru pengguna untuk menginstal aplikasi, mengambil foto tanpa diketahui pemilik handphone, mengganti URL asli dengan phishing URL, mencatat semua aktivitas pemilik handphone (mencata kata sandi), atau bahkan memanfaatkan kerentanan kernel perangkat OS.

Proses pembajakan dengan menggunakan produk layar tidak resmi ini disebut dengan chip in the middle.