Find Us On Social Media :

Gunung Merupakan Milik Bersama Dirawat Bersama, Bukan Dijadikan Bahan Bisnis Mencari Keuntungan Pribadi!

By Afif Khoirul M, Kamis, 24 Agustus 2017 | 23:19 WIB

Foto di Instagram @enopita11

Grid.ID - Mendaki gunung ialah kegiatan yang menyehatkan lagi menyenangkan.

Tak percaya? lihat Presiden kita bapak Joko Widodo sewaktu masih mahasiswa selain hobi mendengarkan musik metal ia juga suka berkegiatan di alam bebas termasuk mendaki gunung.

Dilansir reporter Grid.ID dari video yang diunggah oleh akun instagram @enopita11, ternyata pungutan liar (pungli) bukan hanya terjadi di jalanan kota tetapi di gunung pun ada.

Kejadian ini terjadi pada tanggal 18-20 agustus yang lalu.

( Baca : Anak-anak Muda Zaman Sekarang Susah Masuk Menjadi Tentara, Alasannya? )

Saat itu rombongan pendaki yang akan melakukan pendakian di gunung Guntur, Garut, Jawa Barat via jalur Citiis dicegat oleh seorang laki-laki paruh baya berusia sekitar 40 tahun.

Sesuai caption uang ditulis oleh akun instagram @enopita11 STOP PUNGLI !! Laki-laki yang mencegat mereka saat melakukan pendakian menuju Pos 1 mengaku sebagai "ketua".

Dia meminta kami membayar 2.500 per orang.

Padahal saat di basecamp sebelum memulai pendakian, dijelaskan oleh pihak pengelola bahwa selama bulan Agustus pendakian gunung Guntur free simaksi dan (seharusnya) tidak ada pungli.

( Baca : Pose Tiduran Begini, Yuni Shara Diminta Netizen Ingat Anak )

Rombongan pendaki itu menolak dengan tegas untuk memberi uang kepada laki-laki yang berbaju merah tersebut.

Dalam video tersebut laki-laki berbaju merah yang meminta uang tersebut marah-marah, bahkan menghalang-halangi dan menarik-narik lengan kami hingga mengancam dengan senjata tajam golok dan sekop pasir.