Find Us On Social Media :

Gerakan Peduli Penderita Kanker Anak Melalui Kacamata

By Alfa Pratama, Rabu, 20 September 2017 | 18:06 WIB

Dari kiri ke kanan, Yayasan Anyo, Ucup (anak mengidap sakit kanker kelenjar getah bening), Alexander F. Kurniawan (Chairman PT.Optik Tunggal Sempurna), Sabar Manullang (pendiri Yayasan Anyo).

Grid.ID - Tak hanya dewasa, anak- anak pun juga rawan mengidap penyakit kanker. 

Menurut dr. Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A(K), MHA, IBCLC, dokter spesialis kanker anak, kanker pada anak-anak memang berbeda dari kanker pada orang dewasa. 

"Kanker pada anak-anak tidak bisa dicegah sedangkan pada orang dewasa bisa dicegah," ujar dokter Edi saat ditemui Grid.ID, Selasa (19/7/2017).

Dari sekian jenis kanker yang ditemui pada anak-anak, baru kanker bola mata atau retinoblastoma yang bisa dideteksi secara dini.

Deteksi ini adalah upaya untuk menemukan kanker pada stadium awal sehingga tingkat kemungkinan sembuh lebih besar.

Baca : Fanny Fabriana: Anak Penyandang Kanker Itu Butuh Rangkulan Kita Semua!

Selain kanker bola mata, anak-anak juga ada yang mengidap kanker getah bening dan kanker darah.

Jumlah anak-anak yang menderita kanker tak kalah banyak dengan orang dewasa yang menderita kanker. 

Dalam rangka memperingati bulan kesadaran penyakit kanker yang diperingati setiap bulan September, Optik Tunggal bekerjasama dengan Yayasan Anyo Indonesia mengadakan gerakan donasi kacamata.

Baca : Kenapa Bahaya Kanker pada Anak-anak Lebih Mengerikan? Ini Kata Pakar

Program ini digagas karena begitu banyak anak-anak yang mengidap sakit kanker yang memerlukan uluran tangan dan perhatian dari orang-orang yang peduli.

Program donasi kacamata Optik Tunggal ini dilakukan bertempatan dengan hari ulang tahun Optik Tunggal ke-88 dan menjadi bentuk rasa syukur atas berdirinya Optik Tunggal selama 88 tahun.