Find Us On Social Media :

Sambut Hari Batik Nasional, Batik Maos Asal Cilacap Dipamerkan di Karnaval Pesta Batik 2017

By Ridho Nugroho , Senin, 2 Oktober 2017 | 17:08 WIB

Karnaval Pesta Batik 2017 yang diadakan dari Jalan Sudirman hingga Sarinah Thamrin pada 1 Oktober 2017 minggu pagi.

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Suminar

Grid.ID - Batik merupakan warisan leluhur sekaligus identitas bangsa Indonesia yang merepresentasikan ekspresi budaya, mengandung filosofi inspiratif, sejarah, dan keindahan khas Indonesia.

Keunikan dan kecantikan Batik tak bisa dipungkiri sudah menjadi jati diri bangsa yang diharapkan selalu dibanggakan oleh generasi penerus Indonesia.

Menyambut Hari Batik Nasional yang akan berlangsung pada 2 Oktober 2017 mendatang, beberapa rangkaian acara dibuat untuk memeriahkan Hari Batik Nasional.

Pada hari ini, Minggu 1 Oktober 2017 telah diselenggarakan Karnaval Pesta Batik Nusantara dengan menempuh jarak sekitar empat kilometer dengan rute mulai dari Jalan Jenderal Sudirman dekat Hotel Grand Sahid Jaya menuju Sarinah, Jalan Thamrin.

( BACA : Belanga Wastra, Koleksi Busana Muslim Motif Tenun Batik Nusantara 2017 dari Kamilaa by Itang Yunasz )

Menyambut Hari Batik Nasional, BNI mendukung Yayasan Batik Indonesia dengan mengikuti karnaval Pesta Batik Indonesia dengan mengangkat tema Batik Maos Khas Cilacap yakni sebuah motif Batik yang mengandung filosofi inspiratif sejarah yaitu sandi perang laskar Pangeran Diponegoro dan menggunakan teknik pewarnaan alam.

Dalam karnaval Pesta Batik ini, 10 model melenggang cantik mengakhiri rute karnaval di Gedung Sarinah, Jakarta yang dalam acara ini di hadiri oleh presiden Indonesia yang ke-6 yakni Bapak Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Ani Yudhoyono.

( BACA : Sambut Hari Batik Nasional, Yayasan Batik Indonesia Pamerkan 500 Jenis Batik Nusantara )

Batik Maos Cilacap ini merupakan salah satu UMKM BNI yang juga membuka Rumah Kreatif BUMN di Cilacap.

Yang menarik dalam karnaval Pesta Batik yang di peragakan oleh BNI adalah batik Maos yang digunakan bukanlah sebuah baju yang sudah dijahit, melainkan kain batik dengan menggunakan teknik draping, yaitu teknik lilit dan ikat tanpa teknik jahitan yang langsung dibentuk pada tubuh model.

( BACA : Sering Dianggap Kuno, Inilah Mix and Match Busana Batik Agar Lebih Kekinian, Bisa Dipakai Buat Outfit Kondangan loh!