Find Us On Social Media :

Minum Madu Saat Sedang Hamil, Boleh Nggak Sih?

By Fahrisa Surya, Kamis, 26 Oktober 2017 | 19:48 WIB

madu

Grid.ID - Sejak dulu madu terkenal kaya akan manfaat.

Dikenal sebagai makanan sehat, rupanya madu mengandung gula sebanyak kurang lebih 70-80%, cairan, mineral, asam, protein, dan beberapa kandungan lain.

Madu juga sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti luka, infeksi, diabetes, gangguan kulit, maupun gangguan usus dan perut. 

Meskipun begitu, kebanyakan Ibu hamil justru ragu untuk mengonsumsi madu. 

(BACA: Sama-sama Liburan ke Korea Tanpa Suami, Gaya Stylish Laudya Cynthia Bella dan Nia Ramadhani Ini Bisa Kamu Tiru Buat Travelling!)

Kandungan spora pada madu, membuat Ibu  hamil menjadi takut akan mempengaruhi sang calon bayi. 

Sebetulnya Ibu hamil tidak perlu ragu untuk mengonsumsi madu selama masa kehamilan, karena madu bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh di masa kehamilan. 

Meskipun madu tidak direkomendasikan bagi bayi, karena mengandung bakteri yang bisa menyebabkan botulisme pada usus karena usus bayi belum matang untuk melawan bakteri. 

Namun, Ibu hamil yang mengonsumsi madu tidak akan mengakibatkan kandungannya mengalami botulisme, karena spora tidak akan masuk ke pembuluh darah. 

Para ahli menyarankan agar Ibu hamil mengonsumsi madu yang telah terpasteurisasi yaitu, yang sudah dipanaskan lebih dulu hingga sekitar 70 derajat Celcius selama setengah menit kemudian di dinginkan. 

(BACA: Duh! Ngaku Masuk Angin, Bukannya Koyo Cabe, Aura Kasih Malah Bawa Barang Ini di Punggungnya, Harganya Bisa Beli Puluhan Ribu Cilok Bandung)

Pemanasan tersebut dilakukan untuk mencegah fermentasi dengan membunuh mikroba berbahaya.