Find Us On Social Media :

116 Helai Kain Kreasi Obin dalam Fashion Show Bertajuk ‘Di Sini Pertiwi’ Memukau Panggung Jakarta Fashion Week 2018

By Ridho Nugroho , Senin, 30 Oktober 2017 | 18:41 WIB

Deret kebaya klasik dan modern dengan 116 kreasi kain karya Obin atau BINHouse di Jakarta fashion Week 2018.

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Suminar

Grid.ID – Selalu ditunggu-tunggu dan hampir selalu berhasil memukau mata para penikmat dan pengamat mode, itulah kesan yang ditampilkan Obin di balik BINHouse.

Yap, menolak disebut desainer, Obin lebih memilih dijuluki ‘Si Tukang Kain’ karena kecintaannya akan wastra tradisional.

Rekam jejak Obin di dunia mode Indonesia dimulai dari pencariannya akan setiap helai kain antik demi memenuhi koleksinya.

Ia pun tersadar saat itu, bahwa kekayaan warisan Indonesia dalam bidang tenun dan proses pencelupan tradisional semakin tenggelam di tengah maraknya produksi skala besar yang menggunakan mesin.

(Tema Senjakala dalam Busana Berwarna Hangat Karya Ria Miranda di Jakarta Fashion Week 2018)

Itulah sebabnya, fashion show bertema ‘Di Sini Pertiwi’ sengaja diangkat oleh pemilik nama lengkap Josephine Werratie Komara demi melestarikan pesona kain tradisional Indonesia yang begitu cantik dan sarat akan nilai filosofis sejak tahun 1970-an.

Ada 116 helai kreasi kain yang ditampilkan bersama gaya kontemporer yang lagi-lagi selalu dihadirkan Obin dalam setiap peragaan busana.

Runway Jakarta Fashion Week 2018 disulap sedemikian rupa yang dihiasi dengan beberapa kursi panjang berwarna merah sebagai properti dari konsep yang diusung oleh BINHouse.

(Ketika Koleksi Disney Hadir di Panggung Jakarta Fashion Week 2018)

Suasana menjadi syahdu karena pemilihan warna lampu yang sedikit lebih gelap serta didukung dengan suara alunan musik yang sangat indah.

Semua mata terkagum-kagum melihat koleksi ragam kain Nusantara yang dikreasikan menjadi sebuah busana yang menawan.