Find Us On Social Media :

Ada Suara Seperti Benda Jatuh, Ternyata Seorang ABK Terjatuh ke dalam Tangki BBM dan Ditemukan Tewas Mengapung

By None, Senin, 14 Januari 2019 | 19:08 WIB

Ada Suara Seperti Benda Jatuh, Ternyata Seorang ABK Terjatuh ke dalam Tangki BBM dan Ditemukan Tewas Mengapung

Grid.ID - Supriadi (19), seorang anak buah kapal ( ABK) Victoria 11 ditemukan meninggal dunia setelah terjatuh ke dalam tangki bahan bakar minyak (BBM) kapal tersebut di Laut Perairan Teluk Bone, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Senin (14/1/2019).

ABK yang diketahui baru magang ini adalah warga Jalan Butta-Butta Caddi, Kecamatan Tallo, Kota Makassar.

Jenazah Supriadi yang merupakan taruna dari Balai Pelatihan dan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Barombong, Makassar, Sulawesi Selatan, dievakuasi oleh tim SAR gabungan dari Basarnas, TNI, Polri dan tim medis Syahbandar Palopo setelah kapal tanker Victoria 11 sandar di Pelabuhan Tanjung Ringgit, Palopo, Sulawesi Selatan.

Kepala Syahbandar Palopo Taufan Eka Putra mengatakan, sekitar pukul 04.30 Wita awak kapal sedang melakukan pembuangan balas yang ada di dalam kapal.

Baca Juga : Jawa Barat Dilanda Angin Puting Beliung, Ternyata Ada Hubungannya dengan Badai di Thailand

Balas adalah air laut yang masuk ke dalam kapal dan dibuang untuk penyeimbang kapal.

Sekitar pukul 05.00 Wita, ABK lainnya tiba-tiba mendengar suara benda terjatuh tepat di tangki kapal sebelah kiri.

“ABK kapal lainnya bergegas menuju ke lokasi suara benda terjatuh itu, namun yang ditemukan hanya helm. Kemudian dicari lebih lanjut dengan menggunakan senter dan ditemukanlah jenazah korban dalam keadaan mengambang dalam tangki sedalam satu meter,” katanya.

Menurut Taufan, dari segi safety atau keamanan kapal, pihaknya melihat semua sudah sesuai standar keselamatan, hanya saja resiko bekerja di kapal memang sangat besar dan musibah bisa datang kapan saja.

“Kami sudah melihat dan memeriksa, sudah sesuai standar keamanan. Ini adalah musibah, karena resiko bekerja di kapal sangat besar,” ucapnya.

Baca Juga : Longsor Menimbun Areal Pemakaman di Sukabumi, Satu Jenazah Terseret Material hingga ke Sungai

Meskipun sudah melihat kondisi peralatan kapal yang sudah memenuhi standar, namun pihak Syahbandar Pelabuhan Tanjung Ringgit Palopo masih akan melakukan investigasi terhadap kejadian tersebut untuk memastikan penyebab pasti kematian.