Find Us On Social Media :

Empat Media Kompas Grup Kembali Gelar Tur Festival Muda Memilih di Surabaya untuk Dukung Pemilu 2019

By Grid., Rabu, 13 Februari 2019 | 19:15 WIB

Grid.ID - Menjelang pemilihan umum April 2019, Harian Kompas, Kompas.com, KompasTV dan Harian Kontan bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mendukung pelaksanaan pemilu pada April mendatang.

Hal ini dibuktikan dengan diadakannya kembali Tur bertajuk Festival Muda Memilih sebagai komitmen dari Harian Kompas, Kompas.com, KompasTV, dan Harian Kontan untuk terus memberikan wadah bagi masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda dalam memberikan informasi terkini terkait pesta demokrasi.

Festival Muda Memilih ini akan diselenggarakan untuk yang ketiga kalinya pada Jumat, 15 Februari 2019 di Gedung Airlangga Convention Center, Kampus C UNAIR Surabaya, dari pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Gammara Lenggo Geni, Eksekutif Produser Festival Muda Memilih mengatakan, “Dengan diadakannya Tur Festival Muda Memilih ini kami harap masyarakat khususnya generasi muda paham betul tentang pelaksanaan pemilu yang akan berlangsung di tahun 2019.

Baca Juga : Singgung Soal Pemilu, Yovie Widianto Sebut Politik Jangan Baper Kayak PercintaanSeperti apa surat suara yang akan digunakan, dan dimana mereka bisa mendapatkan informasi untuk mengetahui latar belakang para kandidat.

Yang terpenting adalah keikutsertaan para generasi muda dalam pesta demokrasi sangatlah berharga untuk menentukan masa depan bangsa Indonesia.” 

Pada pemilu 2019, KPU merilis jumlah pemilih pemula dan pemilih muda akan mencapai kisaran 14 juta orang.

Jika rentangnya diperluas hingga usia 40 tahun, maka menjadi 100 juta orang dari total seluruh jumlah pemilih yang mencapai 185 juta orang.

Mengacu pada data dan fakta tersebut, dapat dilihat bahwa generasi muda adalah pemilih potensial yang sangat berharga.

Terdapat beberapa rangkaian kegiatan dalam Festival Muda Memilih, salah satunya adalah acara utama yaitu talkshow Muda Memilih yang akan dipandu langsung oleh presenter KompasTV, Nitia Anisa dan Gibran Muhammad. Tak hanya itu, turut hadir juga sederet bintang tamu inspiratif yakni, Arief Budiman, Tri Rismaharini, Emil Dardak, Suko Widodo, Budiman Tanuredjo, Seno Bagaskoro, Savic Ali, dan Sakdiyah Ma’ruf.

Baca Juga : Tanpa 6 Orang Ini, Kaum Hawa Tidak Akan Punya Hak Pilih dalam Pemilu, Nomer 4 Mati di Arena Pacuan Kuda

Pada acara yang terbuka untuk umum ini juga terdapat workshop fotografi bersama Harian Kompas, workshop “Quickcount dan Sharing Session Dibalik Berita” oleh Litbang Kompas.

Lalu ada workshop “Kiat Tepis Hoax dengan Fact Checking” oleh Kompas.com, workshop dari Kontan bertema “Bayar Kuliah Pakai Saham? Bisa!”, workshop bersama Facebook dengan tema “Bermedsos yang Sehat di Facebook”, serta yang terakhir adalah workshop “Pemilih Aktif di Era Digital” oleh Line.