Find Us On Social Media :

Wali Kota Tomohon Dukung Program Smart City Pemerintah Pusat Dengan Cara Ini!

By Siti Umaiya, Kamis, 16 November 2017 | 16:27 WIB

Tomhon

Laporan Wartawan Grid.ID, Siti Umaiya

Grid.ID - Sadar akan pentingnya program smart city yang dibuat oleh pemerintah pusat, Wali Kota Tomohon akhirnya ciptakan aplikasi sistem perizinan online.

Sistem ini dibuat dalam rangka memudahkan masyarakat dalam melakukan permohonan Perizinan di kota Tomohon.

Menurut ketua DPRD Tomohon Miky JL Wenur yang ditemui oleh Grid.ID, program smart city saat ini telah menjadi misi pemerintah Tomohon dalam memajukan daerahnya.

(Baca Juga: Ciptakan Smart City, Pemerintah Banyuwangi Ciptakan Sistem Pajak Online!)

Penuturan tersebut ia sampaikan saat hadir untuk mewakili Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman, dalam acara gerakan menuju 100 smart city 2017 yang bertempat di Hotel Santika Premiere, Jakarta, Rabu (15/11/2016) kemarin.

Miky JL Wenur dipercaya walikota Tomohon karena menurutnya dalam menciptakan smart city, dibutuhkan partisipasi aktif semua komponen yang ada di Kota Tomohon termasuk DPRD Kota Tomohon.

Sehingga hal ini dianggap sangat penting untuk disosialisasikan kepada masyarakat.

(Baca Juga: Daftar 24 Kota Kabupaten Penerima Penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2017)

Namun sosialisasi pengembangan smart city ini juga dibarengi dengan sosialisasi pada masyarakat agar tetap mempertahankan budaya dan jati diri daerah sebagai kearifan lokal.

"Kenapa program ini penting, karena melihat kondisi saat ini proses birokrasi pada sebagian besar daerah di Indonesia termasuk Kota Tomohon masih manual.

Sehingga banyak membutuhkan biaya, akses terbatas, kaku dan lambat pelayanan kepada masyarakat, yang cenderung dapat menjadi biang terjadinya masalah korupsi.