Find Us On Social Media :

Petir Terganas di Dunia Berada di Kota Depok, yang Terparah Terjadi Pada Bulan ini

By None, Kamis, 28 Februari 2019 | 12:31 WIB

Petir Terganas di Dunia Berada di Kota Depok, yang Terparah Terjadi Pada Bulan ini

Grid.ID – Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Prof. Dr. Ir. Dipl. Ing. Reynaldo Zoro dari Institut Teknologi Bandung, tercatat jika petir terganas di dunia beada di Indonesia, tepatnya di Kota Depok.

Bahkan rekor itu tercatat dalam Guinness Book of World Record.

Penelitian yang disponsori PLN Cabang Depok, pada bulan April, Mei, dan Juni 2002, dengan menggunakan teknologi lighting position and tracking system (LPATS), itu mendapati arus petir negatif berkekuatan 379,2 kA (kilo Ampere) dan petir positif mencapai 441,1 kA.

Baca Juga : Banyak Telan Korban, ini Kesaksian Orang yang Selamat Lewati Segitiga Bermuda

“Dengan kekuatan arus sebesar itu, petir mampu meratakan bangunan gedung yang terbuat dari beton sekalipun," kata Zoro kepada Warta Kota.

Selama ini, Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan sambaran petir cukup tinggi. Zoro menjelaskan, kondisi meteorologis Indonesia memang sangat ideal bagi terciptanya petir.

Tiga syarat pembentukan petir - udara naik, kelembapan, dan partikel bebas atau aerosol - terpenuhi dengan baik di Indonesia sebagai negara maritim.

Sebelumnya, penelitian Zoro dipusatkan di kawasan Tangkuban Perahu, Jawa Barat, dengan anggapan di daerah itu sambaran petir cukup besar.

Tak disangka, penelitian mutakhir justru menemukan daerah Depok, khususnya wilayah selatan seperti Sawangan dan Cinere.

Baca Juga : Pengacara Vanessa Angel Beberkan Bukti Chat Kliennya dengan Muncikari, Terlihat Foto Seksi Vanessa Angel

Menurut Zoro, Depok merupakan daerah yang dipengaruhi angin regional dan angin lokal. Yakni angin dari lembah dan angin gunung dari Bukit Barisan, serta angin lokal dari angin darat dan angin laut Kepulauan Riau dan Selat Malaka.

Gerakan angin itulah yang menyebabkan pembentukan awan petir dengan kerapatan dan sambaran petir sangat tinggi.