Find Us On Social Media :

Pengan Anak Bahagia dan Berkembang Sempurna? Yuk Simak Pola Asuh Anak Ala Skandinavia

By Hyashinta, Minggu, 26 November 2017 | 20:39 WIB

psikolog terkenal Ayoe Sutomo menuturkan secara terbuka bagaimana mendidik anak millennials.

Grid.ID - Negara-negara Skandinavia seperti Finlandia, Denmark atau Swedia terkenal dengan pendidikannya yang disebut ideal untuk membentuk anak-anak cerdas tapi tetap punya kesempatan bermain dan tumbuh bahagia.

Berbeda dengan orangtua di Asia atau di Amerika Serikat, orangtua di Skandinavia memang tidak membebani buah hati mereka dengan prestasi akademik tinggi.

Mereka lebih suka anak-anak mereka memanjat pohon dibanding belajar alfabet melalui flash card. Anak-anak juga didorong untuk bermain di luar rumah ketimbang menghapal pelajaran.

Nah, ketahui pola asuh apa saja yang mereka terapkan sehingga sering disebut sebagai pola asuh terbaik untuk anak?

(BACA: Anjingnya Tak Boleh Ikut Masuk, Pemilik Lantas Menabrakkan Mobilnya Ke Dalam Restoran)

- Menghirup udara segar

Mayoritas orangtua di negara Skandinavia selalu ingin buah hatinya menghirup udara segar setiap hari sehingga ada kebiasaan membiarkan bayi mereka tidur siang di luar rumah. Bahkan saat musim dingin dan udara membeku, melihat bayi tertidur di stroler di luar rumah atau kafe adalah pemandangan biasa.

Orangtua di Skandinavia percaya bahwa menghirup udara segar menyehatkan tubuh. Dokter di sana juga merekomendasikannya karena bisa menurunkan paparan kuman dan mengurangi risiko infeksi.

(BACA: Saling Beri Dukungan, Anggota Geng Chanyeol EXO Ini Hadir di The ElyXiOn, Sampai Dikasih Hormat Segala!)

- Bermain kotor-kotoran

Rumah berantakan, bermain kotor-kotoran di luar rumah adalah hal yang alami di dunia anak. Itu sebabnya orangtua di sana tak pernah protes jika anak mereka pulang dengan boot yang kotor, baju tergores semak, atau terciprat lumpur.

Setiap anak didorong untuk bermain di luar rumah, menikmati alam, apa pun cuacanya.