Find Us On Social Media :

Paskah 2019: Mengenal Tradisi Semana Santa di Larantuka, Arak-arakan Patung Bunda Maria Warisan Portugis yang Berusia 5 Abad

By Tata Lugas Nastiti, Sabtu, 16 Maret 2019 | 14:45 WIB

Paskah 2019: Mengenal Tradisi Semana Santa di Larantuka, Arak-arakan Patung Bunda Maria Warisan Budaya Portugis yang Berusia 5 Abad

Grid.ID - Perayaan Paskah 2019 diperingati secara berbeda diberbagai daerah di Indonesia, salah satunya ialah tradisi Semana Santa di Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Seperti yang diberitakan oleh Kompas.com sebelumnya, tradisi Semana Santa di Lanrantuka ini dilakukan oleh para umat Katolik di Flores dalam rangka merayakan paskah, termasuk perayaan paskah 2019 mendatang.

Tradisi Semana Santa di Larantuka, Flores ini biasanya dilakukan pada malam hari, dan kemungkinan akan kembali dilakukan pada perayaan Paskah 2019 mendatang.

Baca Juga : Paskah Identik Dengan Telur Hias, Kelinci dan Coklat, Ini Loh Asal Usulnya

Dilansir Grid.ID  dari Pos Kupang, tradisi Semana Santa ini adalah tradisi Paskah tahunan yang dirayakan umat katolik Flores setiap tahunnya.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tradisi Semana Santa ini tidak hanya dianggap sebagai budaya Paskah turun temurun masyarakat Larantuka.

Melainkan juga dimanfaatkan sebagai daya tarik wisatawan bagi para turis mancanegara atau dalam negeri.

Baca Juga : Begini Cara Citra Scholastika Rayakan Paskah

Dalam tradisi Semana Santa ini, peziarah dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara akan berdatangan ke Larantuka, Flores Timur.

Tradisi turun temurun ini diselenggarakan selama 5 hari penuh mulai dari Rabu Trewa atau Rabu Terbelenggu hingga Minggu Paskah.

Semana Santa sendiri memiliki arti pekan suci dalam bahasa Flores.

Baca Juga : Sweet! Ibadah Bareng Istri, Cara Dion Wiyoko Sambut Paskah