Find Us On Social Media :

Wow, Penelitian Temukan Senyawa Baru di Bawang Putih, Ternyata Manfaatnya Luar Biasa

By Arif B Setyanto, Rabu, 29 November 2017 | 21:29 WIB

Manfaat bawang putih

Grid.ID - Bawang putih adalah bumbu dapur yang dibutuhkan oleh para ibu rumah tangga.

Rasanya tak lengkap jika masakan tak menggunakan bawang putih.

Ternyata, bawang putih bukan sekadar rempah biasa. 

Para ilmuwan menemukan kandungan senyawa sulfur aktif di dalamnya ampuh melawan bakteri pada pasien dengan infeksi kronis.

(BACA : Ucapan Sarita Jadi Kenyataan, Jennifer Dunn Akhirnya Pamer Ini di Akun Pathnya, Netizen: Sukses Maksimal Jadi Pelakor! )

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Kopenhagen ini mengungkapkan senyawa bawang putih mampu menghancurkan kompenen penting dalam bakteri.

Dengan begitu, sangat mungkin menggunakan bawang putih sebagai obat bagi pasien dengan kondisi buruk, misalnya seperti yang terjadi pada penderita Fibrosis kistik.

Fibrosis kistik adalah penyakit genetika yang menyebabkan lendir-lendir di dalam tubuh menjadi kental dan lengket, sehingga menyumbat berbagai saluran.

Terutama saluran pernapasan dan pencernaan.

(BACA : Cantik Menawan! Ini Sosok Putri Sulung Presenter Bondan Winarno dalam Berbagai Penampilan )

"Sekarang kami tengah mengembangkan obat dari bawang putih dan mengujinya pada pasien," kata Tim Holm Jakobsen, peneliti yang terlibat dalam studi ini, dikutip dari Physorg, Senin (27/11/2017).

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan yang sudah dimulai sejak tahun 2005 yang dipimpin oleh Profesor Michael Givskov.