Find Us On Social Media :

GOJEK Berhasil Sumbang Rp 42 Triliun untuk Perekonomian Indonesia, Para Mitranya Sukses Dapatkan Penghasilan Lebih dari UMK Daerah!

By Irene Cynthia Hadi, Jumat, 22 Maret 2019 | 13:01 WIB

Ilutsrasi gojek

Laporan Reporter Grid.ID, Irene Cynthia Hadi

Grid.ID - Siapa yang tak kenal dengan moda transportasi online yang satu ini?

Ya, Gojek. Gojek kini menjadi transportasi yang kerap digunakan masyakarat Indonesia.

Namun sejauh mana sih peran Gojek untuk perekonomian negeri kita ini?

Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) baru-baru ini mengadakan riset terkait peran Gojek ini.

 Baca Juga : Ngojek dari Subuh Sampai Jam 11 Malam, Driver Ojol Mampu Bangun Rumah Mewah dan Kos-kosan 2 Lantai!

Dalam risetnya yang bertajuk “Dampak GOJEK terhadap Perekonomian Indonesia pada Tahun 2018, LD FEB UI menemukan bahwa kontribusi mitra GOJEK dari empat layanan kepada perekonomian Indonesia mencapai Rp 44,2 triliun.

Keempat layanan tersebut ialah roda-dua GO-RIDE, roda-empat GO-CAR, GO-FOOD, dan GO-LIFE.

Studi yang serupa pada tahun 2017 menunjukkan kontribusi GOJEK dari dua mitra (mitra pengemudi roda dua dan UMKM) mencapai Rp 15,1 triliun.

Menurut Wakil Kepala LD FEB UI, Dr. Paksi C.K. Walandouw, hasil riset ini menunjukkan bahwa teknologi mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi digital.

Baca Juga : Rezeki Anak Sholeh! Ari Wibowo Ketemu Driver Gojek Bernama Sama Dengannya, Sang Aktor Langsung Beri Tips Rp 30 Ribu!

“Kontribusi yang semakin besar dari GOJEK menunjukkan bahwa teknologi mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi digital. GOJEK sebagai pemain utama industri teknologi di Indonesia telah menunjukkan kemampuan inovasi teknologinya untuk memperluas peluang penghasilan,” ujarnya.

Dari hasil riset, angka kontribusi mitra GOJEK dalam layanan GORIDE terhadap perekonomian Indonesia di tahun 2018 mencapai Rp 16,5 triliun.

Sementara itu, GO-CAR memberikan kontribusi mencapai Rp 8,5 triliun, mitra UMKM GO-FOOD kontribusinya Rp 18 triliun dan mitra GO-LIFE (GO-CLEAN dan GO-MASSAGE) Rp 1,2 triliun.

Baca Juga : Papham Sampaikan Keluhan ke Gojek Setelah Dipaksa Membeli Saldo Gopay

“Kontribusi mitra UMKM GO-FOOD tahun 2018 naik hampir tiga kali lipat dibanding tahun 2017. Pertumbuhan kontribusi mitra UMKM GO-FOOD ini antara lain disebabkan oleh optimalisasi fitur teknologi GOJEK yang digunakan oleh mitra UMKM GO-FOOD,” kata Paksi.

Rata-rata penghasilan pengemudi dan mitra GO-LIFE dalam penelitian ini di atas rata-rata UMK di wilayah penelitian.

Seperti mitra GO-RIDE yang mendapatkan penghasilan Rp 3,8 juta di luar Jabodetabek, lebih besar daripada UMK daerah yang hanya mencapai Rp 2,8 juta.

Baca Juga : Naik Ojek Online, Saldo GoPay Wanita Ini Tiba-tiba Diisi Driver Gojek yang Mengantarnya, Saat Ditanya, Jawabannya Bikin Haru

Lebih jauh mengenai mitra UMKM GO-FOOD, keutamaan GOJEK di bisnis pesan-antar makanan online tercermin dari beberapa temuan:

93% responden mitra UMKM menyatakan mereka go-online karena bermitra dengan GO-FOOD.

93% mitra mengalami peningkatan volume transaksi dan 55% mitra mendapatkan peningkatan klasifikasi omzet setelah bergabung dengan GO-FOOD.

Peningkatan volume dan omzet bisnis memacu mitra UMKM untuk terus mengembangkan usahanya.

Hal ini ditunjukkan dari 85% responden yang menginvestasikan kembali pendapatannya ke dalam usaha mereka

Hasil riset tahun ini juga menunjukkan tingkat optimisme yang tinggi terhadap kemitraan bersama GOJEK.

Hal ini tampak dari tingginya responden yang merasa yakin dapat menghidupi keluarga mereka dengan layak semenjak bergabung sebagai mitra (GO-RIDE 87%, GO-CAR 92%, dan GO-LIFE 95% ).

Baca Juga : Hanya Kenal Lewat Social Media, Tantri Kotak Nekat Naik Gojek Melayat Adam Fabumi, Videonya Bikin Nangis

Riset ini juga menunjukkan bahwa tiga manfaat utama yang dirasakan sebagai mitra pengemudi di GOJEK adalah; bisa mengatur waktu kerja, bisa membiayai keluarga, dan memiliki waktu lebih bersama keluarga.

Selanjutnya, hasil riset juga menunjukkan mayoritas responden (>84%) merasakan persaudaraan yang kuat dengan sesama mitra lainnya.

Mereka menganggap positif kemitraan dengan GOJEK, serta merasa hubungan kemitraan dengan GOJEK adil.

Baca Juga : Sering Naik Gojek, Artis Cantik Firrina Sinatrya Kasih Tutorial Makeup Ringan Buat Tampil Cantik Setiap Hari

Temuan menarik lainnya dari penelitian ini, lebih dari 70% mitra GO-MASSAGE dan GO-CLEAN adalah perempuan, dan hampir 50% diantaranya merupakan penghasil utama (breadwinner) di keluarganya.

“Hal ini menunjukkan partisipasi perempuan yang semakin tinggi dalam ekonomi berbasis digital,” kata Paksi.

(*)