Find Us On Social Media :

Hari Kartini 2019: Sejarah Singkat RA Kartini, Perempuan Lugu Asal Jepara yang Berani Perjuangkan Hak Wanita di Tengah Budaya Patriarki

By Tata Lugas Nastiti, Kamis, 28 Maret 2019 | 19:58 WIB

Hari Kartini 2019: Sejarah Singkat RA Kartini, Perempuan Lugu Asal Jepara yang Berani Perjuangkan Hak Wanita di Tengah Budaya Patriarki

Grid.ID - Dalam menyambut hari Kartini 2019, ada baiknya mengetahui sejarah singkat RA Kartini, pahlawan nasional wanita yang namanya dikenal hingga mancanegara.

Sejarah singkat RA Kartini tidak hanya menceritakan asal muasal pahlawan wanita ini, tetapi juga menceritakan perjuangannya terhadap hak-hak wanita yang kini menjadi misi penting dalam menyambut hari Kartini 2019.

Tidak hanya membantu dalam memahami hak wanita untuk menyambut Hari Kartini 2019, sejarah singkat RA Kartini ini juga diharapkan mampu membuat publik paham dengan perjuangan sang pahlawan pada masa itu.

Baca Juga : Kartini Manoppo, Pramugari Garuda Indonesia yang Jadi Istri Kelima Soekarno

Ya, melansir dari Kompas.com, Kartini lahir pada 21 April 1879 silam di Jepara, Jawa Tengah.

Kartini lahir dan bertumbuh di tengah-tengah keluarga bangsawan RM Sosroningrat dan MA Ngasirah dengan nama lengkap Raden Ayu Kartini Djojo Adhiningrat.

Pada masa itu, pola hidup dengan budaya patriarki masih sangat kuat di tanah Jawa.

Baca Juga : Rilis Video Maternity dengan Tema Kartini, Kahiyang Ayu Panen Pujian

Para wanita memiliki kewajiban mengurus rumah dan tidak diperbolehkan mengenyam pendidikan lebih tinggi dari pada kaum pria.

Tumbuh dewasa di tengah-tengah keluarga bangsawan membuat Kartini memiliki kesempatan mengenyam pendidikan formal tak seperti anak perempuan lainnya.

Kartini pada saat itu disekolahkan oleh sang ayah di Europese Lagere School atau ELS hingga berusia 12 tahun.

Baca Juga : Yuki Kato Katakan Kartini Zaman Sekarang Keren!