Find Us On Social Media :

Sejarah Islam di Spanyol Dituangkan Desainer Fitri Aulia Menjadi Koleksi Busana Syar'i yang Stylish di Ajang I Creative Week 2017

By Ridho Nugroho , Senin, 4 Desember 2017 | 17:37 WIB

Fitri Aulia juga membuat motif yang terinspirasi dari ornamen keramik khas Spanyol dan bunga Carnation sebagai motif print yang diaplikasikan sebagai hiasan pada koleksinya.

Laporan Wartawan Grid.ID, Dinda Tiara Alfianti

Grid.ID - Selalu ada hal menarik dalam sebuah sejarah yang terjadi di dalam perjalanan kehidupan manusia.

Sejarah juga bisa dijadikan sebuah inspirasi menarik yang disulap menjadi berbagi bentuk karya.

Seperti Fitri Aulia, desainer muslimah muda, yang membuat sebuah koleksi busana dengan menjadikan sejarah sebagai latar belakang dari karyanya.

Busana tersebut dipamerkan oleh Fitri di ajang I Creative Week 2017 di panggung IFC Trend Presentation 2018 pada hari Sabtu (25/11) yang diselenggarakan di Lippo Mall Kemang,  Jakarta.

(Batik Rasa Modern dalam Karya Koleksi Desainer Poppy Karim di IFC Trend Presentation 2018)

Desainer yang kerap membuat koleksi busana syar'i dengan tampilan stylish ini mengusung tema El Viaje untuk 6 koleksi busana yang dipresentasikan di ajang tersebut.

"El Viaje dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai perjalanan atau pengembaraan. Pengembaraan di sini adalah tentang perkembangan isu masyarakat muslim yang ada di Spanyol dengan berbagai konflik minoritas di sana, " ungkap Fitri Aulia kepada Grid.ID.

Fitri mengaku bahwa dirinya memang memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap perkembangan sejarah Islam di dunia.

(Aviation Blue: Koleksi Busana Modest Desainer Hannie Hananto yang Terinspirasi dari Keindahan Langit dan Balon Udara di Jakarta Fashion Week 2018)

Koleksi busana tersebut juga dibuat dengan pendalaman proses inspirasi yang dilakukan selama 2 hingga 3 bulan.

"Saya lebih dulu mencari tahu tentang keberadaan Islam di Eropa lewat buku,  Youtube,  hingga pernah juga ke sana untuk mencari tahu agar bisa disesuaikan dengan motif dan cuting yang pas dengan sejarah tersebut, " jelasnya.