Find Us On Social Media :

RSTKA Tangani Ratusan Pasien Pulau Sapeken

By None, Jumat, 5 April 2019 | 10:55 WIB

Grid.ID - Sambil duduk di samping menantunya yang terbaring di tenda tempat pemulihan pasien paska operasi, wajah Hafida terlihat bahagia.

Sesekali ia mengusap kepala menantunya Helmiyati (23) yang baru saja keluar dari ruang operasi di Kapal Rumah Sakit Ksatria Airlangga (RSTKA) ia tak henti-hentinya mengucapkan syukur.

“Alhamdulilllah, operasi anak menantu saya berhasil dengan baik,” kata Hafida dengan wajah bahagia.

 Didampingi Arisona anaknya yang sekaligus suami Helmiyati ibu yang tinggal di Pulau Sapeken tersebut menceritakan bahwa sejak beberapa hari lalu menantunya tersebut mengalami sakit dibagian perutnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter Puskesmas menantunya tersebut didiagnosa mengidap sakit usus buntu dan harus dilakukan operasi.

Baca Juga : RSTKA Gelar Bakti Sosial di Tiga Pulau Terpencil di Madura

Sebagai orang yang hidup sederhana tentu operasi itu memberatkan karena ia tidak memiliki uang yang cukup untuk biaya tindakan.

“Maklum, pekerjaan suami saya Hafiudin maupun anak saya Arisona sehari-hari hanya nelayan yang penghasilannya hanya cukup untuk biaya hidup sehari-hari saja,” kata ibu tiga orang anak lima orang cucu tersebut.

 Namun ia bersyukur di tengah kesulitan tersebut secara kekebtulan datang RSTKA yang tengah mengadakan pelayanan kesehatan di pulau tempatnya tinggal.

“Beruntung sekali, kapal rumah sakit ini datang ketika kami tengah membutuhkan,” sambung Hafida yang berharap RSTKA sering mengadakan pelayanan kesehatan di kepulauan tempat tinggalnya berada karena sangat banyak masyarakat yang membutuhkan.

TIBA DINIHARI

Sementara setelah melakukan perjalanan 24 jam dari “markasnya” di Pelabuhan Kalimas Surabaya, RSTKA Jumat (5/4) pukul 01.00 dinihari merapat di pelabuhan Pulau Sapeken.

Di Pulau berjarak 96 mil laut sebelah utara Sumenep RSTKA pagi harinya langsung mengadakan pelayanan kesehatan dengan melibatkan para dokter Puskesmas sekaligus dibantu oleh aparat pemerintah setempat.