Find Us On Social Media :

Pandji Pragiwaksono Tanggapi Surat Terbuka dari Garda Satwa Indonesia Terkait Pernyataannya Tentang 'Hewan Gembel'

By Nurul Nareswari, Minggu, 7 April 2019 | 16:27 WIB

Pandji Pragiwaksono

Laporan Wartawan Grid.ID, Nurul Nareswari

Grid.ID - Pandji Pragiwaksono akhirnya menunjukkan tanggapan setelah pernyataannya soal kucing yang ia sebut sebagai 'hewan gembel' menuai kritikan dari banyak pihak.

Komika tersebut mengganti judul dan thumbnail video kontroversial itu di channel youtubenya sebagai bentuk tanggapan atas surat terbuka dari komunitas Garda Satwa Indonesia yang tidak setuju dengan pernyataannya.

Sebelumnya, Pandji Pragiwaksono mencantumkan judul 'Pandji Benci Hewan Gembel', kini ia telah mengubahnya menjadi 'Pandji dan Cicak Ninja'.

Baca Juga : Pandji Pragiwaksono Tuai Kontroversi Setelah Sebut Kucing Sebagai Hewan Gembel dalam Stand Up Comedy-nya

Pandji memutuskan untuk mengganti judul dan thumbnail videonya setelah berdiskusi dengan pihak Garda Satwa Indonesia dan seorang pemerhati kucing.

"Jadi, judul dan thumbnail video ini diganti setelah ngobrol dengan Davina dari Garda Satwa Indonesia dan Mas Willy, teman lama yang juga pemerhati kucing," tulis Pandji Pragiwaksono seperti dikutip dari komentar di akun Youtube miliknya.

Pandji mengatakan bahwa ia menghormati keputusan Garda Satwa Indonesia yang menyampaikan ketidaksetujuannya kepada Pandji Pragiwaksono melalui surat terbuka di akun instagram @gardasatwaindonesia.

Baca Juga : Surat Terbuka Komunitas Garda Satwa Indonesia Kritik Materi Stand Up Pandji Pragiwaksono Tentang Kucing Gembel

Namun, Pandji memutuskan untuk tidak menanggapi secara langsung surat terbuka dari Garda Satwa Indonesia karena ia berpikir bahwa komunitas pecinta hewan tersebut memang hanya ingin menyampaikan aspirasinya.

"Sejak awal Surat Terbuka dirilis, gue pikir emang temen temen GSI berniat utk mengutarakan opininya. Dan siapapun berhak." "Walaupun disuru orang orang untuk meluruskan atau nanggepin GSI, gue putuskan utk tidak karena gue beneran mikir temen temen GSI emang pengen bikin pernyataan aja."

"Karena gue pikir kalau emang mau cari kesepamahan atau mau dialog, PASTI temen temen GSI akan hubungi gue. Wong tau akun IG gue kok, masak gak DM kalau mau dialog. Makanya gue hormati keputusan mereka," lanjut Pandji di kolom komentar Youtubenya.