Find Us On Social Media :

Bahaya Memberikan Gadget pada Anak, Bisa Kecanduan Layaknya Memberikan Kokain!

By None, Selasa, 9 April 2019 | 10:05 WIB

Bahaya Memberikan Gadget pada Anak, Bisa Kecanduan Layaknya Memberikan Kokain

Grid.ID - Saat ini tak sedikit orang tua yang membebaskan anak mereka bermain dengan gadget.

Alasannya sederhana, anak bisa lebih anteng saat diberikan gadget sementara orang tua mereka bekerja atau melakukan aktivitas.

Namun kebiasaan memberikan gadget pada anak ini juga perlu dikontrol karena salah-salah buah hatimu justru kecanduan bahkan biasa mengancam kesehatannya.

Baca Juga : Heboh, Jasad Satu Keluarga ini Masih Utuh Meski Sudah Dikubur Bertahun-tahun, Ternyata ini Penyebabnya!

Seorang terapis kecanduan dari Inggris bahkan menyebut, memberikan ponsel ke anak sama seperti "memberinya segram kokain".

Waktu yang dihabiskan seseorang untuk mengirim pesan di aplikasi percakapan atau membalas komentar di media sosial bisa menyebabkan kecanduan pada anak remaja, seperti halnya narkoba dan alkohol.

Mandy Saligari, spesialis kecanduan dari klinik rehabilitasi Harley Street London, mengatakan bahwa kecanduan gadget seharusnya juga diatasi seperti halnya kecanduan narkoba.

Baca Juga : 3 Alasan yang Membuat Pria Sering Memutuskan Hubungan saat Wanita Mulai Jatuh Cinta

"Saya selalu mengatakan, saat Anda memberikan tablet atau ponsel ke anak, itu seperti memberikan mereka sebotol wine atau segram kokain. Apakah kita siap membiarkan mereka dengan benda itu di balik pintu?" katanya.

Ia menjelaskan, penggunaan gawai yang berlebihan memiliki dampak yang sama pada otak seperti halnya obat-obatan terlarang.

"Saat membicarakan perilaku kecanduan, biasanya orang langsung melihat pada zat berbahaya. Padahal, pola perilaku itu bisa mewujud dalam berbagai bentuk, misalnya obsesi pada makanan, melukai diri, atau mengirim teks bernuansa seks," katanya.

Baca Juga : Orang Tua Wajib Simak, Ternyata Begini Cara Membedakan Anak Kurus yang Sehat dan Kurang Gizi!