Find Us On Social Media :

Jangan Lagi Buang Tisu Basah ke Dalam Toilet, Kalau Tidak Mau Terjadi Penyumbatan Parah

By None, Kamis, 18 April 2019 | 07:59 WIB

Fatbergs akibat tisu basah.

Grid.ID – Perusahaan air menyerukan label baru pada tisu basah karena sudah sering menimbulkan kasus kekacauan lingkungan.

Para ahli mengatakan konsumen sedang disesatkan oleh kemasan pada tisu karena mereka tidak tahu dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh tisu basah.

Tidak seperti kertas toilet standar, tisu basah tidak larut, dan mengandung bahan-bahan yang tidak hancur seperti tissue berbasis kertas.

Mirip dengan saat kita membuang plastik.

Baca Juga : Jadi Ratu Tercantik di Eropa Sepanjang Sejarah, Ratu Sisi Punya Ritual Aneh yang Selalu Dilakukan

Akibatnya, perusahaan air menghabiskan sekitar 88 juta poundsterling (atau sekitar Rp1,4 triliun) dalam setahun untuk membersihkan 360.000 penyumbatan yang mendorong terbentuknya suatu tumpukan seperti lemak yang kerap disebut “fatbergs” atau “poobergs”.

Setengah dari penyumbatan global disebabkan oleh pembuangan tisu basah.

Baca Juga : Viral! Beredar Foto Bilik Suara Pertama Tahun 1955, Begini Penampakannya

Pada bulan Februari 2016, sebuah fatberg besar disebabkan oleh tisu bayi, popok dan lemak yang ditemukan bersembunyi di bawah jalan-jalan Oxford, Inggris, yang menyebabkan banjir di di perumahan.

Baca Juga : Gaya Menantu SBY Annisa Pohan Saat Nyoblos di TPS Curi Perhatian, Simpel Tapi Berkelas!

Dan pada bulan Juni di tahun yang sama, pekerja selokan dipaksa untuk mengangkut sebuah fatberg berbau tengik sebesar van transit di South Hykeham, Lincs.

Perusahaan air Inggris sekarang telah mengeluarkan saran tentang apa saja produk rumah tangga yang dapat dan tidak dapat dibuang ke toilet.