Find Us On Social Media :

Danau Toba Tericpta dari Letusan Maha Dahsyat yang Sempat Buat 'Hentikan' Bumi Selama 6 Tahun

By None, Kamis, 18 April 2019 | 11:16 WIB

Danau Toba Tericpta dari Letusan Maha Dahsyat yang Sempat Buat 'Hentikan' Bumi Selama 6 Tahun

Grid.idDanau Toba menjadi salah satu danau terbesar di Indonesia, dengan kedalaman 505 meter.

Merujuk pada asal-usulnya, Danau Toba sendiri sebenarnya juga tercipta melalui sebuah tragedi berupa letusah maha dahsyat (supereruption) dari Gunung Toba.

Sebuah tragedi yang sempat membuat waktu di Bumi seolah berhenti selama enam tahun.

Migrasi manusia terhambat, pun dengan populasi manusia yang stagnan.

Baca Juga : Ditinggal Pacar dan Diabaikan Keluarganya, Remaja ini lahirkan Bayinya di Tengah Jalan Usai Ditolak Rumah Sakit

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Seperti apa dahsyatnya letusan Gunung Toba yang kemudian melahirkan Danau Toba tersebut?

Simak uraiannya dalam artikel berjudul "Di Balik Elok Danau Toba" yang ditulis oleh Ahmad Arif di kompas.com berikut ini.

Toba ibarat Indonesia kecil. Dia menampilkan ironi tentang pemandangan yang elok, sumber air dan kehidupan, namun sekaligus menyimpan riwayat—dan ancaman—mematikan.

Danau Toba, yang sejatinya merupakan kaldera gunung api raksasa pernah meletus hebat sehingga mengubah iklim dunia dan nyaris menamatkan umat manusia.

Baca Juga : Begini Cara Mudah dan Ampuh Hilangkan Bopeng Bekas Jerawat di Wajah

Jauh di balik permai Danau Toba yang menghampar di Sumatera Utara, sebuah daya rusak yang mahadahsyat tersembunyi di dalamnya.

Sekitar 74.000 tahun lampau, Gunung Toba meletus hebat (supereruption), mengirim awan panas raksasa yang menutup nyaris seluruh ujung timur hingga barat Pulau Sumatera.