Find Us On Social Media :

Kisah Aktivis 98 Dalam Judul Laut Bercerita, Novel dan Film Diluncurkan Sekaligus

By Violina Angeline, Rabu, 13 Desember 2017 | 19:13 WIB

Kisah aktivis 98 dijadikan novel dan film pendek

Laporan Wartawan Grid.ID, Lalu Hendri Bagus 

Grid.ID - Setelah sukses dengan peluncuran novel perdananya di tahun 2012 berjudul Pulang, yang meraih Khatulistiwa Literary Award dan diterjemahkan ke dalam lima bahasa asing, Leila S. Chudori melahirkan novel kedua berjudul Laut Bercerita. 

Novel yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia ini diselenggarakan di Institut Français Indonesia (IFI), Jl MH. Thamrin, Jakarta Pusat. Selasa (12/12/2017).

Menariknya, peluncuran Novel Laut Bercerita juga disertai pemutaran film pendek yang diadaptasi dari novel tersebut yang disutradarai oleh Pritagita Arianegara.

(BACA: Dwi Ardika Tulis Status Bikin Aktivis Perempuan Bereaksi, Pantas Saja Wong Seperti Ini Tulisannya)

Laut Bercerita merupakan novel kedua Leila yang berkisah tentang tokoh Biru Laut dan para aktivis 98 lainnya serta Asmara Jati, adik Biru Laut, dalam mencari jejak kakaknya yang hilang di saat negara tengah mengalami gejolak politik. 

Di dalam novel ini, Leila tak hanya mengungkapkan kekelaman dan kekejian yang dialami para aktivis yang diculik dan disekap, namun juga persahabatan antar aktivis, roman di antara mereka dan pengkhianatan di dalam kelompok.

Novel Laut Bercerita dibuat berdasarkan riset yang dalam dengan tokoh-tokoh nyata yang terlibat pada peristiwa tahun 98. 

Seperti novel saya sebelumnya, saya berusaha memaparkan peristiwa bersejarah dengan sedetil mungkin, agar pembaca mampu merasakan apa yang sebenarnya terjadi. 

Meski karakter-karakter utama dalam novel adalah fiktif, namun penggambaran pengalaman mereka terinspirasi oleh  kisah yang dipaparkan para aktivis 98 dan kawan-kawannya,” ujar Leila mengenai Laut Bercerita. 

(BACA: Sebelum Tewas, Aktivis Perempuan ini Disiksa, Alat Vitalnya Ditembak dan Ditusuk dengan Benda Tumpul)

Mewakili KPG, Christina M. Udani, Editor Senior Kepustakaan Populer Gramedia menyatakan,