Find Us On Social Media :

Tak Hanya Indonesia, 7 Negara ini Bahkan Telah Memindahkan Ibu Kotanya

By None, Rabu, 1 Mei 2019 | 09:57 WIB

Tak Hanya Indonesia, 7 Negara ini Bahkan Telah Memindahkan Ibu Kotanya

Grid.ID – Belakangan ini baik media sosial maupun media massa tengah ramai membicarakan menganai wacana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta.

Meski wacana seperti ini sudah ada sejak lama, namun dilansir dari kompas.com, rencana pemindahan Ibu Kota Indonesia ini ternyata sudah menjadi isu strategis.

Enggak hanya itu, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Adita Irawati bahkan mengatakan kalau rencana pemindahan Ibu Kota Indonesia akan dibahas dalam rapat terbatas senin, 29 April 2019 lalu.

Baca Juga : Masih Ingat dengan Anak Tamatan SMP yang Retas Situs KPU, Nasibnya Justru Beruntung Usai Tertangkap

Seperti yang kita tahu pada 3 Januari 2018 lalu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro mengatakan sudah menyerahkan kajian awal terkait rencana pemindahan Ibu Kota kepada Presiden Joko Widodo.

Pemindahan Ibu Kota Indonesia hingga kini masih jadi topik hangat yang terus dikaji. Meski begitu, pemindahan Ibu Kota sebuah negara sering terjadi.

Beberapa alasan yang menjadi latar belakang pemindahan Ibu Kota ialah kepadatan penduduk.

Selain itu, Ibu Kota baru sebelumnya merupakan daerah yang belum dikembangkan sehingga bisa memacu pembangunan juga bisa menjadi alasan pemindahan Ibu Kota.

Baca Juga : Jokowi Akan Pindahkan Ibu Kota dari Jakarta, Anies Baswedan:

Ibu Kota baru yang dipilih biasanya berdada di daerah yang dianggap netral terhadap kelompok etnis atau agama, bisa mendorong persatuan dan kesatuan, keamanan serta kemakmuran.

Bukan hanya Indonesia, beberapa negara ini ternyata pernah memindahkan Ibu Kota negaranya loh.

Berikut 7 negara yang ternyata sudah pernah memindahkan Ibu Kota negaranya: