Find Us On Social Media :

Benarkah Siram Uang dengan Bensin Bisa Buktikan Keasliannya, Begini Komentar BI

By None, Sabtu, 11 Mei 2019 | 13:14 WIB

Benarkah Siram Uang dengan Bensin Bisa Buktikan Keasliannya, Begini Komentar BI

Grid.ID — Baru-baru ini warganet tengah dihebohkan dengan aksi petugas SPBU yang berusaha membuktikan keaslian uang kertas dengan disiram bensin.

Aksi tersebut terekeam dalam sebuah kamera dan videonya tengar viral di media sosial.

Dalam video tersebut, seorang petugas SPBU menyiram uang kertas pecahan Rp 50.000 menggunakan bensin.

Aksi ini kabarnya dilakukan sang petugas SPBU untuk membuktikan keaslian uang yang diserahkan oleh konsumen untuk membeli bensin.

Baca Juga : Hujani Ibunya dengan 30 Tusukan, Anak ini Justru Katakan 'Aku Sangat Mencintaimu' Saat Lakukan Aksi Brutalnya

Menanggapi hal itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ros­maya Hadi mengatakan, pihaknya tidak pernah melakukan edukasi untuk memastikan keaslian uang rupiah dengan menggunakan bensin.

Bank sentral mengedukasi keaslian uang dengan cara dilihat, diraba, dan diterawang (3D).

"Bagaimana cara memastikan apakah itu uang palsu dengan disiran bensin? Kami belum melakukan eksperimen," kata Ros­maya kepada awak media di Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Menurut Ros­maya, sejauh ini tingkat literasi dan pemahaman masyarakat untuk membedakan mana uang palsu dan asli sudah sangat baik.

Baca Juga : Tempuh Jarak 4 Km dengan Satu Kaki, Siswi SD ini Berhasil Lulus dengan Gemilang

Pasalnya, sudah banyak laporan langsung oleh masyarakat terkait temuan uang palsu.

"Artinya bahwa BI edukasi tentang uang palsu itu cukup masif. Karena sekarang laporan uang palsu tidak saja datang dari bank, tapi dari masyarakat juga, (mereka) sudah dapat mendeteksi sendiri," ungkapnya.