Find Us On Social Media :

Waisak 2019: Tak Lagi Berpusat di Borobudur, Perayaan Umat Buddha Kini Pindah ke Candi Muara Takus Riau, Begini Penjelasannya!

By Novita Desy Prasetyowati, Senin, 13 Mei 2019 | 13:44 WIB

Waisak 2019: Tak Lagi di Berpusat di Borobudur, Perayaan Umat Buddha Kini Pindah ke Candi Muara Takus Riau, Begini Penjelasannya!

Grid.ID - Waisak 2019 akan segera tiba dan kali ini tak lagi berpusat di Borobudur, melainkan pindah ke Candi Muara Takus Riau.

Tak seperti pusat perayaan umat Buddha tahun-tahun sebelumnya di Borobudur, Waisak 2019 ini dipindah ke Candi Muara Takus.

Terdapat penjelasan khusus kenapa perayaan umat Buddha di Hari Waisak 2019 nanti tak lagi berpusat di Borobudur melainkan pindah ke Candi Muara Takus.

Baca Juga : Waisak 2019: Mau Ikut Festival Lampion Waisak di Candi Borobudur? Catat Persyaratannya Agar Tak Ketinggalan!

Berdasarkan kalender Masehi, Waisak 2019 akan jatuh pada tanggal 19 Mei 2019 mendatang.

Seperti yang diwartakan Grid.ID sebelumnya, hari raya Waisak merupakan hari yang paling bersejarah bagi umat Buddha.

Umat Buddha akan memperingati tiga peristiwa penting yang disebut Tri Suci Waisak.

Baca Juga : Waisak 2019 : 3 Makna Penting Hari Raya Umat Buddha yang Identik dengan Bulan Purnama

Tri Suci Waisak merupakan tiga peristiwa penting mulai dari lahirnya Sidharta Gautama, penemu dan pencetus Agama Buddha, tercapainya Sidharta Gautama dalam tahap penerangan Agung dan menjadi Buddha, dan hari di mana Buddha Gautama wafat.

Oleh karenanya, terdapat serangkaian acara yang biasa diadakan di Borobudur yang merupakan kuil atau candi Buddha terbesar di dunia.