Find Us On Social Media :

Beredar Video Sekumpulan Massa yang Disebut Suku Baduy Turun Gunung Ikuti Aksi 22 Mei di Jakarta, Inilah Fakta Sebenarnya

By Lalu Hendri Bagus Setiawan, Rabu, 22 Mei 2019 | 21:14 WIB

Video viral menunjukkan sekumpulan massa yang disebut sebagai Suku Baduy turun ke jalan

Laporan Wartawan Lalu Hendri Bagus

Grid.ID - Sebuah video menampilkan sejumlah massa yang disebut sebagai suku Baduy tengah berbondong-bondong ikut serta dalam aksi untuk menuntut keadilan atas kecurangan Pemilu 2019 beredar di YouTube pada Senin (20/5/2019).

Video itu disebarkan ulang seolah-olah kejadian tersebut terjadi pada hari ini, Selasa (22/5/2019) di Jakarta.

Mengetahui hal itu, Kepolisian Lebak dan Kepala Desa Kanekes di Banten menjelaskan bahwa kabar video aksi unjuk rasa yang melibatkan Suku Baduy adalah hoaks.

Baca Juga: Polisi Amankan 69 Orang Terduga Provokator Aksi 22 Mei: Ada Massa yang Masih Simpan Amplop Berisi Uang dan Ambulans Berisi Batu

Dikutip Grid.ID dari Kompas.com, video aksi yang mendatangkan ribuan warga dari suku Baduy beredar di akun YouTube Sumatera News pada Senin (20/5/2019).

Dalam video berdurasi 2 menit 50 detik ini, warga suku Baduy dinarasikan seolah ikut menuntut keadilan karena adanya kecurigaan atas kecurangan Pemilu 2019.

"Kini saat yang tepat tuntut keadilan bagi rakyat Indonesia, Selama ini suku Badui hanya berdiam diri dengan kondisi negara yang dianggap makin amburadul,kini ketika adanya kecurigaan atas kecurangan pemilu,suku Badui turun gunung keluar hutan menuntut keadilan....," tulis pengunggah dalam keterangan video.

Baca Juga: Aksi 22 Mei: Petamburan Sempat Mencekam karena Bom Molotov dan Gas Air Mata, Kini Malah Jadi Spot Foto Warga