Find Us On Social Media :

Mempunyai Bagian Penting, Ini Makna Sebenarnya Perias Sebul Asap Rokok ke Pengantin Wanita

By Dianita Anggraeni, Sabtu, 15 Juni 2019 | 18:37 WIB

Video perias pengantin sebul asap rokok ke pengantin wanita beredar di media sosial Twitter pada Jumat (7/6/2019).

Laporan Wartawan Grid.ID, Dianita Anggraeni

Grid.ID - Belum lama ini viral sebuah video di media sosial yang memperlihat seorang penata rias mengembuskan asap rokok kepada pengantin wanita.

Video yang menampilkan perias pengantin wanita (paes) tengah mengembuskan asap rokok kepada pengantin wanita itu beredar di media sosial Twitter pada Jumat (7/6/2019).

Tak berapa lama diunggah, video tersebut telah dikomentari lebih dari 1.100 kali dan disukai serta disebar ulang oleh ribuan pengguna lainnya.

Baca Juga: Intip Rahasia Kecantikan nan Sehat Olivia Culpo 'Wanita Terseksi 2019'

Penyebaran video berdurasi 27 detik itu diikuti pertanyaan dari sejumlah warganet mengenai makna ritual itu dalam pernikahan adat.

Ternyata, "sebul" asap dilakukan bukan tanpa makna.

Salah satu pemandu adat rias pengantin di Jakarta, Ira Juniardhi mengungkapkan, sebul asap dilakukan oleh perias pengantin karena dipercaya bisa membuat pengantin wanita terlihat lebih cantik.

Baca Juga: Bukan Verrel Bramasta, Aurel Hermansyah Impikan Pacar Bule Untuk Perbaiki Keturunan

"Untuk maknanya agar mengeluarkan aura kecantikan dari dalam tubuh pengantin wanita," ujar Ira seperti yang Grid.ID lansir dari Kompas.com, Rabu (12/6/2019).

Menurut Ira, menyebul asap rokok kepada pengantin wanita merupakan ritual Jawa kuno yang saat ini jarang dilakukan oleh sejumlah paes atau perias pengantin.

"Saat ini sudah jarang, paling masih dilakukan jika ada dukun manten di daerah perkampungan. Kalau untuk di kota-kota besar saya kira sudah tidak ada," ujar Ira.