Find Us On Social Media :

Yon Koeswoyo Disebut King Of Pop Indonesia, Kata Triawan Munaf 'Kualitas Karyanya Seimbang dengan The Beatles dan Rolling Stone

By Winda Lola Pramuditta, Jumat, 5 Januari 2018 | 21:09 WIB

(Kiri) Yon Koeswoyo, Triawan Munaf

Laporan Wartawan Grid.ID, Nurul Nareswari

Grid.ID - Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf mengungkapkan pandangannya tentang almarhum Yon Koeswoyo.

Di matanya, Yon Koeswoyo adalah vokalis sekaligus gitaris band legendaris yang juga bisa disebut sebagai King of Pop Indonesia.

"Untuk saya, beliau adalah perjalanan sejarah untuk musik Indonesia kalau boleh dibilang beliau King of Pop Indonesia karena mereka sangat solid produktif, kreatif, dan selalu membawa rasa cinta terhadap bangsa," ungkap Triawan saat ditemui di rumah duka Yon Koeswoyo, kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (5/1/2018).

(Baca: Wow! Yuk Intip Harga Dress Simpel Elegan Milik Farah Quinn, Dijamin Bikin Kamu Tercengang)

Mengingat usia Yon Koeswoyo sudah 77 tahun, Triawan Munaf merasa memang sudah waktunya Yon menghentikan perjalanannya di sejarah musik tanah air.

Tapi ada rasa kehilangan yang tersisa diakui oleh Triawan Munaf kala musisi legendaris itu tutup usia.

"Tidak terkejut karena mengingat faktor usia kita tahu bahwa semua orang akan ada waktunya di panggil oleh Yang Maha Kuasa cuma merasa kehilangan saja karena karya-karya beliau bersama Koes Plus," imbuhnya.

(Baca: Ryan d'Masiv Sempat Bertemu Yon Koeswoyo. Beginilah Kenangan Terakhirnya)

Memang tak mudah mencari pengganti Koes Plus. Apalagi untuk karya-karyanya yang tak lekang oleh waktu.

Bagi Triawan, posisi Band Koes bersaudara ini sama tingkatnya dengan band lawas Internasional, The Beatles dan Rolling Stone.

"Susah untuk mencari ganti dari grup ini. Kalau dilihat dari jumlah dan kualitas karya mereka sudah seimbang dengan The Beatles, Rolling Stone. Dari segi timing sudah seperti itu. Seperti Slank juga. Hanya beda generasi," jelasnya.