Find Us On Social Media :

Suhu Udara di Puncak Gunung Lawu Mencapai Minus 3 Derajat, Pendaki Diimbau Hati-hati

By Arif Budhi Suryanto, Selasa, 25 Juni 2019 | 10:35 WIB

Suasana Cemoro Sewu kawasan Gunung Lawu, Minggu (23/6/2019). Petugas mengingatkan agar pendaki mengurungkan niatnya mencapai puncak, terutama pendaki pemula, karena saat ini cuaca ekstrem.

Laporan Wartawan Grid.ID, Arif Budhi Suryanto

Grid.ID - Cuaca ekstrem yang sedang terjadi akhir-akhir ini membuat suhu di puncak Gunung Lawu bisa mencapai minus 3 derajat celsius.

Hal tersebut seperti yang dituturkan Tono, salah satu pengelola jalur pendakian ke puncak Gunung Lawu melalui Singo Langu, kepada Kompas.com.

"Ada yang menginfokan jika suhu di puncak mencapai minus 3 derajat (celsius). Kalau di sini (Singo Langu) kemarin suhunya 9 derajat celsius," ujarnya di pos pendakian Singo Langu Senin (24/06/2019).

Baca Juga: Pencarian Pendaki yang Hilang Saat Diajak Balapan Sampai ke Puncak Oleh Temannya di Gunung Lawu, Kini Dihentikan

Karena suhu ekstrem itu, pengelola jalur pendakian ke puncak Gunung Lawu melalui Singo Langu meminta setiap pendaki untuk berhati-hati.

Pasalnya, satu pendaki dilaporkan pingsan.

Meski sempat pingsan, menurut keterangan Kasi Kadaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra, pendaki tersebut berhasil mendapatkan pertolongan di Pos Cemoro Sewu.

Baca Juga: Pendaki Hilang di Gunung Lawu, Sang Ibunda: Saya Suruh Istirahat, Tapi Katanya Keburu Kemalaman

"Kemarin ada (pendaki pingsan) tapi sudah dievakuasi, tidak ada masalah," ujarnya.

Untuk mengantisipasi cuaca ekstrem di puncak Gunung Lawu, para pendaki diimbau untuk membawa peralatan serta obat-obatan yang memadai.

Fery menambahkan, para pendaki juga diminta untuk melaporkan kedatangan dan kepulangan mereka ke petugas.