Find Us On Social Media :

Ketegaran Yon Koeswoyo Hingga Akhir

By Rich, Minggu, 7 Januari 2018 | 13:58 WIB

Yon Koeswoyo

Grid.ID - Legenda musik Tanah Air Yon Koeswoyo, yang bernama asli Koesyono Koeswoyo, mengembuskan napas terakhir pada usia 77 tahun, Jumat (5/1/2018).

Vokalis band Koes Plus ini diberitakan pernah dirawat di rumah sakit pada Mei 2016 karena  kebocoran pada paru-paru dan diabetes.

Pria yang lahir di Tuban, Jawa Timur, pada 27 Sepetember 1940 ini memulai kariernya di dunia musik dengan membentuk band Koes Brothers kira-kira 60 tahun lalu bersama saudara-saudaranya.

Saudara-saudaranya itu adalah Jon Koeswoyo (bas), Tonny Koeswoyo (gitar), Nomo Koeswoyo (drum), dan Yok Koeswoyo, yang bersamanya menjadi vokalis.

Koes Brothers lalu berubah menjadi Koes Bersaudara terhitung mereka merekam album pertama di perusahaan rekaman Irama pada 1962.

Band itu kemudian berganti nama lagi menjadi Koes Plus, karena Kasmuri atau Murry, yang bukan anggota keluarga Koeswoyo, menggantikan Nomo sebagai pemain drum.

Karena Murry masuk, dalam Koes Plus terjadi perselisihan yang mengakibatkan Yok hengkang. dirundung konflik lantaran bergabungnya Murry yang notabene bukan anggota keluarga Koeswoyo.

Yok tak sepakat Murry menggantikan Nomo, karena Murry bukan anggota keluarga Koeswoyo.

Dalam perseteruan itu, Yon setia bersama Tonny meneruskan band tersebut.

Tertatih dan terseok, Yon dan Tonny bersama Murry tak patah semangat sampai akhirnya berhasil melahirkan album Koes Plus Volume I Dheg-Dheg Plas.

Sekembali Yok ke dalam band, Koes Plus perlahan meraih popularitas pada 1970-an.

Pada 1980-an, kesuksesan Koes Plus menurun dan mereka sempat tak berkegiatan musik. Pada 1981, Yon merilis album solo yang ia beri judul Lantaran. Dua dari 10 lagu yang ada dalam album itu, "Kota Sunyi" dan "Kesan", ciptaan Yon. Selebihnya, karya Harry Cahyono.